Belum Punya Regulasi Crypto, ATM Crypto Sudah Terpasang di Ibukota Negara Ini

author:

Belum Punya Regulasi Crypto, ATM Crypto Sudah Terpasang di Ibukota Negara Ini

Di tengah gempuran bear market di tahun 2022, setidaknya terdapat beberapa ATM crypto yang berhasil terpasang di beberapa belahan dunia. Hingga saat ini, Amerika dan Kanada masih menjadi negara urutan teratas yang memiliki ATM crypto hingga ribuan. Baru-baru ini, ATM crypto dilaporkan terpasang di negara yang belum memiliki regulasi crypto yang jelas. Kira-kira di mana ya? Simak hingga akhir.

Serajevo Menerima ATM Crypto Pertamanya

Dilansir Finbold (8/2/23), meskipun belum ada sikap resmi dan undang-undang yang tersusun untuk mengatur industri mata uang crypto, ibu kota negara Bosnia dan Herzegovina, yakni Serajevo, baru-baru ini telah menerima ATM crypto pertamanya, di mana individu dapat membeli dan menjual Bitcoin (BTC).

Menurut laporan media lokal, RadioSarajevo (7/2/23), ATM crypto pertama untuk negara Bosnia dan Herzegovina telah mendarat di ibu kota, selagi para pemegang cryptocurrency di negara tersebut masih menunggu keputusan pemerintah serta pihak-pihak yang bekepentingan lainnya untuk melahirkan undang-undang terkait industri crypto.

Macetnya Regulasi Crypto di Bosnia dan Herzegovina

Sumber: Pixabay

Sebelumnya, pada tahun 2021, legislator Bosnia telah berjanji untuk merencanakan memperkenalkan RUU crypto di negara tersebut dikarenakan banyaknya trader crypto domestik dan penambang Bitcoin yang mengeluh kesulitan dalam menjalankan aktivitas mereka, termasuk menarik uang mereka dari pertukaran crypto.

Pada saat itu, Badan Perbankan entitas negara Federasi Bosnia dan Herzegovina mengatakan,

“Untuk saat ini, penggunaan dan operasi crypto belum diatur oleh undang-undang Federasi Bosnia dan Herzegovina. Masalah penggunaan uang digital dan mata uang crypto menghadirkan tantangan khusus dalam sistem keuangan teregulasi lainnya, kecuali dalam kasus-kasus ketika bank sentral mengeluarkan mata uang crypto.

Namun untuk saat ini, pemegang crypto di Sarajevo dapat menggunakan ATM yang baru saja dipasang untuk membeli dan menjual Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), dan Tether (USDT). Menurut laporan Coin ATM Radar (8/2/23), ATM yang terpasang di Serajevo telah menjadi perangkat ketiga yang dipasang di negara ini, sedangkan dua lainnya sudah ada di kota Banja Luka dan Gradiška.

ATM crypto yang terpasang di Sarajevo diketahui dipasang oleh perusahaan Polandia, Shitcoins.club, yang sebelumnya menempatkan ATM Bitcoin di Banja Luka. Sedangkan untuk yang di Gradiška, diperkenalkan oleh produsen ATM crypto General Bytes yang berbasis di Praha, Republik Ceko.

Baca juga: Pertama Kalinya, Australia Punya ATM Bitcoin yang Terintegrasi Lightning Network!

Penyebaran ATM Crypto Global

Terlepas dari negara Bosnia dan Herzegovina, Finbold melaporkan bahwa sudah ada lebih dari 4.000 ATM crypto yang terpasang pada tahun 2022, meskipun pasar bearish secara keseluruhan mendominasi tahun itu.

Sumber: Coin ATM Radar

Menurut data dari Coin ATM Radar, ATM crypto telah mencapai 38.405 pada 8 Februari 2023. Di waktu yang bersamaan, jumlah pasar ATM crypto global diperkirakan akan tumbuh lebih banyak di tahun-tahun mendatang, karena sebuah studi menunjukkan bahwa market crypto akan berkembang 61.7% pada tahun 2030, yang mana memproyeksikannya valuasi mencapai $5.45 miliar.

Pada awal tahun 2023, Australia telah berhasil mendepak posisi El Salvador sebagai negara yang memiliki ATM crypto terbanyak nomor 4 dengan adanya 219 ATM crypto aktif. Baca selanjutnya di Serobot Posisi El Salvador, Australia Jadi ATM Crypto Hub Terbesar ke-4 di Dunia!


Referensi: