Crypto Makin Populer, ATM Bitcoin Makin Menjamur! Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto?

Crypto Makin Populer, ATM Bitcoin Makin Menjamur! Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto?

Saat pasar aset digital terus berkembang, penggunaan ATM crypto juga ikut membesar.

Dalam dekade terakhir, hampir 40.000 ATM crypto muncul di seluruh dunia. Namun, dinamika pasar ini jelas tidak selalu berjalan mulus.

Penyedia layanan ATM, Bitcoin of America, yang sukses memperoleh bagian dari pasar, baru-baru ini menutup operasionalnya di negara bagian Connecticut, Amerika Serikat karena kurangnya lisensi yang tepat.

Bagaimana ini bisa terjadi dan apa dampaknya bagi industri crypto?

Penutupan di Connecticut: Penjelasan Lengkap

Menyandingkan mata uang digital dengan struktur finansial konvensional seperti dalam kasus ATM crypto memerlukan pengawasan regulasi yang mendalam.

Ini sangat berlaku di Connecticut, di mana Departemen Perbankan (DoB) mengawasi ATM di bawah Undang-Undang Transmisi Uang.

Baca Juga: Serobot Posisi El Salvador, Australia Jadi ATM Crypto Hub Terbesar ke-4 di Dunia!

Pada 22 Mei 2023, DoB Connecticut mengklaim bahwa Bitcoin of America belum mengamankan lisensi yang diperlukan untuk mengoperasikan ATM Bitcoin di negara bagian tersebut.

Tantangan Operasional ATM Crypto

ATM Bitcoin Australia
Sumber: TechRadar

Menjalankan ATM crypto melibatkan lebih dari sekadar mendapatkan lisensi.

Operator di AS harus mematuhi aturan Anti-Money Laundering (AML) yang ditetapkan oleh Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan, mematuhi norma Know Your Customer (KYC) dari Undang-Undang Rahasia Bank, dan mematuhi persyaratan Internal Revenue Service untuk melaporkan transaksi crypto.

Kesimpulan

Meskipun banyak rintangan yang menghambat pertumbuhan pasar ATM crypto, sektor ini diharapkan tumbuh signifikan dalam beberapa tahun mendatang.

Namun, bagi sektor ini untuk berkembang, perusahaan yang beroperasi harus mendapatkan kejelasan regulasi.

Baca Juga: Jumlah ATM Bitcoin Meningkat di Rusia dan Dunia Capai 36.600 ATM!

Selain itu, mereka harus mengembangkan cara yang lebih efektif untuk mengurangi biaya operasional dan menavigasi tantangan lainnya.

Maka, akan sangat menarik untuk melihat bagaimana masa depan pasar ATM crypto terus berkembang dan tumbuh.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: