Jumlah ATM Bitcoin Meningkat di Rusia dan Dunia Capai 36.600 ATM!

Jumlah ATM Bitcoin Meningkat di Rusia dan Dunia Capai 36.600 ATM!

Dilansir dari laman Bitcoin.com, jumlah ATM Bitcoin telah mengalami peningkatan yang signifikan di ibukota Rusia dan seluruh negara. Peningkatan jumlah ATM Bitcoin ini didorong oleh permintaan untuk layanan yang menawarkan akses mudah ke cryptocurrency. Bagaimana cara kerja ATM Bitcoin di Rusia? Simak informasinya berikut ini!

Pemasangan ATM Bitcoin Didorong Meningkatnya Minat Crypto di Rusia

Pemasangan ATM Bitcoin Didorong Meningkatnya Minat Crypto di Rusia
Bitcoinist

Dengan meningkatnya minat pada cryptocurrency, jumlah perangkat yang menawarkan layanan teller otomatis untuk aset digital di Rusia dan berbagai negara di dunia telah mengalami peningkatan.

Mengutip laporan dari salah satu perusahaan ATM Bitcoin di Rusia yang bernama Rusbit, diungkapkan bahwa sebanyak 14 ATM Bitcoin baru dipasang di Kota Moskow pada tahun 2022 ini. Jumlah ini berkontribusi pada total ATM Bitcoin di seluruh Federasi Rusia menjadi 52 unit. Rusbit memperkirakan akan terjadi lonjakan peningkatan jumlah ATM Bitcoin di Rusia pada tahun 2023.

Peningkatan minat warga Rusia terhadap aset crypto juga didukung dengan berita mengenai Bank Rusia dan Kementerian Keuangan yang memungkinkan pembayaran lintas batas menggunakan crypto. Simak berita selengkapnya mengenai Rusia Menyetujui Penggunaan Crypto untuk Pembayaran Lintas Batas di sini.

Sistem Kerja ATM Bictoin di Rusia

Sistem Kerja ATM Bictoin di Rusia
Coinsource

Sebagian besar BATM (Bitcoin ATM) memungkinkan pengguna untuk membeli satu atau lebih koin dengan uang tunai atau metode pembayaran non-tunai melalui kartu kredit dan wallet crypto. Beberapa BATM di dunia juga mendukung penjualan cryptocurrency untuk fiat, tetapi mesin di Rusia saat ini tidak menawarkan penarikan tunai dengan fitur tersebut.

Rusbit menawarkan BATM-nya dengan harga antara $1.800 dan $3.600 (kurs dalam rupiah saat penulisan Rp28,231,200 dan Rp56,455,200). Rusbit mengatakan bahwa pelayanan bisnisnya sepenuhnya legal dan berdasarkan undang-undang On Digital Financial Assets (DFA) yang mulai berlaku pada Januari tahun 2022 lalu.

Daftar Negara dengan Jumlah BATM Terbanyak

Daftar Negara dengan Jumlah BATM Terbanyak
Forbes

Dilansir dari laman BBVA, saat ini terdapat lebih dari 36.600 ATM Bitcoin yang berfungsi di seluruh dunia. Laporan tersebut mengungkapkan hampir 80 negara di dunia telah mengizinkan pemasangan ATM crypto untuk menukar mata uang crypto dengan uang kertas.

Beberapa negara bahkan memiliki mesin ATM dua arah sehingga pengguna dapat membeli sekaligus menjual cryptocurrency. Jumlah ATM Bitcoin terbanyak di dunia saat ini dipimpin oleh Amerika Serikat yang memiliki 32.598 perangkat ATM Bitcoin dan diikuti oleh Kanada dengan 2.410 perangkat ATM Bitcoin.

Baca Juga: Vietnam Capai Tingkat Adopsi Crypto Tertinggi di Dunia, Ini Alasannya!

Peringkat tersebut kemudian diikuti oleh Spanyol (224), El Salvador (205), Polandia (178), Swiss (147), Hong Kong (143), Austria (133), Rumania (128) dan Italia (73).

Eropa adalah wilayah kedua dengan perangkat ATM Bitcoin yang paling banyak dipasang dengan persentase 3,8%, dan diikuti oleh Asia dengan persentase sebesar 0,7%, lalu Amerika Tengah dan Selatan dengan persentase 0,2%.

Referensi: