Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Guido Cannetti, petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Argentina, saat ini menjadi atlet seni bela diri pertama di negara tersebut yang menerima 100% gajinya dalam bentuk stablecoin. Informasi ini disampaikan oleh perusahaan yang mengelola penggajian berbasis crypto, Bitwage, pada akhir September 2022 di tengah meningkatnya inflasi dan melemahnya ekonomi Argentina.

Kondisi Ekonomi Argentina Jadi Salah Satu Alasannya

Inflasi argentina
DW

Menurut Bitwage, Cannetti akan menerima pembayarannya dalam stablecoin USD Coin (USDC). Pembayaran akan dilakukan melalui aplikasi Vibrant yang dikembangkan oleh Stellar Network.

Menurut angka yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah Argentina, angka inflasi dalam 12 bulan hingga Agustus 2022 mencapai 78,5%. Sedangkan harga bahan pokok di Argentina dalam 8 bulan pertama tahun 2022 ini mengalami kenaikan sebesar 56,4%.

Bank sentral Argentina bahkan memperkirakan tingkat inflasi di Argentina bisa mencapai 95% pada tahun 2022 ini. Di sisi lain, beberapa analis swasta Argentina memperkirakan tingkat inflasi akan mencapai hingga 100% pada akhir tahun 2022.

Stablecoin Dinilai Connetti Lebih Aman untuk Masa Depan Sang Atlet

UFC crypto
️ Bitcoin Dynamic

“Saya dibayar dalam USDC karena dinilai lebih aman untuk masa depan saya,” ungkap Cannetti dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Bitwage. Cannetti mengatakan bahwa stablecoin akan menyelamatkannya dari volatilitas dan devaluasi mata uang lokal Argentina.

Survei yang dilakukan Americas Market Intelligence pada bulan April 2022 menunjukkan sebanyak 51% masyarakat Argentina telah membeli crypto. Perlindungan inflasi menjadi alasan utama bagi 67% responden Argentina yang membeli cryptocurrency.

Baca Juga: Luncurkan NFT, FIFA Jadikan Piala Dunia 2022 Makin Meriah!

Inflasi Argentina Mendorong Adopsi Crypto

Dilansir dari laman Blaze Trends, para analis di Argentina memperkirakan angka inflasi di Argentina akan meningkat lebih lanjut sebelum penurunan terjadi. Hal ini menyebabkan banyak orang Argentina mulai beralih ke crypto mengingat mata uang peso telah terdepresiasi. Setidaknya, lebih dari setengah populasi Argentina telah membeli crypto di tahun 2022 ini.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Americas Markets Intelligence pada pertengahan tahun 2022, terdapat sekitar 27% dari populasi Argentina yang bertransaksi crypto secara rutin. Sedangkan, survei yang dilakukan oleh Americas Markets Intelligence pada akhir tahun 2021 lalu menunjukkan hanya sekitar 12% orang Argentina yang membeli crypto.

Inflasi argentina
Bloomberg.com

Survei tersebut menyimpulkan bahwa perlindungan inflasi adalah alasan utama bagi masyarakat Argentina untuk membeli cryptocurrency.

Argentina merupakan salah satu pemimpin global dalam hal adopsi crypto. Fakta ini dibuktikan oleh sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan analitik Chainanalysis yang menempatkan Argentina di posisi ke-13 sebagai pemimpin adopsi crypto global pada tahun 2022 ini. Sementara itu, posisi pertama diduduki oleh Vietnam. Ini beberapa alasan mengapa Vietnam menjadi salah satu negara dengan tingkat adopsi crypto tertinggi.

*Disclaimer: Data dan informasi yang disediakan di Pintu News hanya bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari aktivitas trading/investasi pembaca. Harap lakukan investasi dengan bijak.

Referensi:

Ana Paula Pereira. UFC fighter El Ninja to become first Argentine athlete paid in crypto. Diakses tanggal: 29-09-22

Blaze Trends. UFC Fighter El Ninja Becomes First Argentine Athlete Paid in Crypto. Diakses tanggal: 29-09-22

FE Digital Currency. EL Ninja becomes first Argentinian athlete paid in crypto. Diakses tanggal: 29-09-22