Assassin’s Creed Luncurkan Smart Collectibles untuk Para Penggemar, Gabungan NFT dan Produk Fisik?

Assassin’s Creed Luncurkan Smart Collectibles untuk Para Penggemar, Gabungan NFT dan Produk Fisik?

Ubisoft, pengembang game populer Assassin’s Creed, sedang membuka babak baru dalam sejarah gaming dengan peluncuran produk baru yang disebut “Assassin’s Creed Smart Collectibles”.

Produk revolusioner ini mengkombinasikan teknologi blockchain dan manufaktur 3D, menciptakan dimensi baru dalam pengalaman bermain game. Assassin’s Creed Smart Collectibles memungkinkan penggemar memiliki barang koleksi game dalam bentuk digital dan fisik sekaligus.

Dengan inovasi ini, Ubisoft tidak hanya memberikan keunikan dalam bermain game, tapi juga membawa nilai tambah baru dalam dunia koleksi. Ini merupakan langkah besar dalam industri game, menunjukkan bagaimana teknologi modern dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan berharga bagi pemain.

Teknologi di Balik Assassin’s Creed Smart Collectibles

teknologi assassin creed smart collectibles
Sumber: Akun Twitter AC Smart Collect

Assassin’s Creed Smart Collectibles menggabungkan dua teknologi yang sedang naik daun, yaitu blockchain dan 3D printing. Kedua teknologi ini bekerja sama untuk menciptakan produk yang unik dan berharga bagi penggemar.

Blockchain, teknologi yang juga digunakan dalam cryptocurrency dan NFT, digunakan untuk memverifikasi keaslian dan kepemilikan barang koleksi digital. Sementara itu, teknologi 3D printing memungkinkan pembuatan barang koleksi fisik yang merupakan replika persis dari versi digitalnya.

Ini adalah pertama kalinya dua teknologi ini digabungkan dalam dunia game, menciptakan pengalaman baru bagi penggemar Assassin’s Creed.

Baca Juga: Crypto Jogger, NFT Koleksi dengan Desain Unik dan Cerita yang Menarik

Bagaimana Assassin’s Creed Smart Collectibles Bekerja?

cara kerja assassin creed smart collectibles
Sumber: Akun Twitter AC Smart Collect

Dilansir dari Decrypt, Smart Collectibles dari Assassin’s Creed memungkinkan pemilik untuk memiliki dan berinteraksi dengan barang koleksi mereka dalam dua format: digital dan fisik.

Setiap Smart Collectible dibuat dalam bentuk NFT, yang merupakan bukti kepemilikan digital dan dapat diperdagangkan di pasar online. Di sisi lain, setiap NFT juga memiliki versi fisik yang dapat dicetak menggunakan teknologi 3D printing.

Dengan cara ini, pemilik dapat menikmati koleksi mereka baik secara online maupun offline. Selain itu, setiap Smart Collectible juga dilengkapi dengan sertifikat digital yang memverifikasi autentisitasnya, menambah nilai dan kepercayaan bagi penggemar dan kolektor.

Baca Juga: Fenomena xNFT: Inovasi Dahsyat yang Bakal Guncang Industri NFT!

Reaksi dan Kritik Terhadap Assassin’s Creed Smart Collectibles

Pengumuman tentang Smart Collectibles dari Assassin’s Creed telah menerima berbagai reaksi dari komunitas gaming dan NFT. Ada yang antusias dengan ide ini, menganggapnya sebagai langkah maju dalam evolusi barang koleksi dan penggunaan teknologi blockchain dalam industri game.

Mereka percaya bahwa ini bisa menjadi cara baru untuk menghargai dan memanfaatkan barang koleksi, baik dalam format digital maupun fisik. Namun, ada juga yang skeptis dan khawatir tentang dampak lingkungan dari NFT dan pencetakan 3D, serta potensi masalah hak cipta dan penyalahgunaan teknologi ini.

Meski begitu, Ubisoft tetap berkomitmen untuk mendorong inovasi dalam gaming dan barang koleksi, dan berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas rangkaian Smart Collectibles mereka di masa depan.

Referensi: