Menjelang Asian Games 2023, China Bakal Percepat Adopsi Yuan Digital (CBDC)!

Menjelang Asian Games 2023, China Bakal Percepat Adopsi Yuan Digital (CBDC)!

China sedang mempersiapkan diri untuk mempercepat adopsi yuan digitalnya menjelang Asian Games yang akan diadakan dari 23 September 2023 – 8 Oktober 2023 di Hangzhou, Zhejiang Province. Ini adalah langkah strategis oleh pemerintah China untuk memperkenalkan mata uang digitalnya kepada audiens internasional dalam skala besar untuk pertama kalinya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Adopsi Yuan Digital di Sektor Transportasi

Dilansir dari Cryptonews, Bank Sentral Rakyat China telah memperbarui aplikasi resmi yuan digitalnya dengan fitur yang disebut “ride code.”

Fitur ini memungkinkan pengguna smartphone untuk memindai perangkat mereka saat menggunakan Metro Hangzhou, dan biaya transportasi akan otomatis dipotong dari dompet e-CNY mereka.

Selain itu, Shaoxing Metro dan Hangzhou-Hai Intercity Railway juga akan menerima pembayaran yuan digital, memperluas cakupan mata uang digital ini di sektor transportasi.

Baca Juga: Elon Musk Yakin China akan Jadi Pemimpin dalam Pengembangan AI, Kok Bisa?

Peran Bank dan Retailer

Bank-bank komersial milik negara dan platform e-commerce akan memainkan peran penting dalam memperkenalkan token ini kepada pengunjung internasional.

Menurut seorang juru bicara dari raksasa e-commerce Meituan, penggunaan yuan digital dalam “event olahraga internasional berskala besar” akan membantu memperlihatkan perkembangan ekonomi digital China dan keuangan inklusif “ke dunia luar.”

Baca Juga: Inovatif! Bank China Uji Coba Sistem Pembayaran Offline CBDC yang Terhubung ke SIM Card

Dampak pada Industri Pariwisata

asian games 2023
Sumber: Akun Twitter In Zhejiang

Sektor pariwisata, bank, dan retailer akan mendapatkan “kesempatan yang sangat baik” untuk adopsi lebih lanjut dari CBDC ini. Menurut berbagai pihak, tantangan baru di industri pariwisata bisa membantu “meningkatkan lebih lanjut fungsionalitas” dari token ini.

Bahkan, bank dan retailer telah mempromosikan koin ini di Chengdu World University Games yang baru-baru ini berakhir sebagai semacam uji coba untuk Asian Games.

Dengan Asian Games sebagai panggung, China berambisi untuk memperlihatkan kapabilitas dan potensi dari yuan digitalnya. Ini adalah langkah penting dalam visi China untuk menjadi masyarakat tanpa uang tunai yang didorong oleh teknologi inovatif. Dunia akan menonton dengan saksama saat China memperlihatkan potensi dari yuan digital ini selama event bergengsi ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: