Asia Pasifik dan Amerika Serikat Memimpin dalam Industri Game Web3, Siapa yang Mendominasi?

Asia Pasifik dan Amerika Serikat Memimpin dalam Industri Game Web3, Siapa yang Mendominasi?

Game7, sebuah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang berfokus pada game Web3, baru-baru ini merilis laporan yang menunjukkan dominasi Asia Pasifik dan Amerika Serikat dalam industri game Web3. Laporan ini memberikan wawasan mendalam tentang tren, dinamika kompetisi, dan jaringan blockchain dalam industri game Web3. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Asia Pasifik dan Amerika Serikat: Dua Pemimpin Utama dalam Pengembangan Game Web3

Berdasarkan laporan dari Game7, 40% pengembang game Web3 berada di Asia Pasifik, diikuti oleh Amerika Serikat dengan 30%. Setengah dari game baru yang memasuki ruang ini pada tahun ini berasal dari Asia.

Pada tahun 2023, 30% tim game Web3 baru berasal dari Amerika Serikat, sementara Korea Selatan menyumbang 27%, hampir dua kali lipat dari kontribusinya pada tahun sebelumnya. Amerika Serikat masih menjadi pasar terbesar untuk pengembang game Web3 dengan 30%, dengan pasar lain yang penting termasuk Korea Selatan (12%), Inggris (6%), Singapura (6%), Vietnam (4%), dan Australia (4%).

Baca Juga: Aliran Dana Pasar Crypto Melalui Stablecoin Meningkat, Pertama Kalinya dalam 17 Bulan!

Investasi Game Web3: Amerika Serikat Memimpin dalam Pendanaan

investasi game web3
Sumber: Game 7

Industri game Web3 telah melihat peningkatan investasi yang signifikan pada tahun 2021 dan tetap stabil pada tahun 2023, mengingatkan pada level pasar sebelum periode bullish. Sejak tahun 2018, sebanyak $19 miliar telah dialokasikan untuk proyek-proyek yang berkaitan dengan game Web3.

Sampai kuartal ketiga tahun 2023, pendanaan untuk game blockchain mencapai $1,5 miliar, dengan lebih dari $800 juta khusus untuk game Web3. Amerika Serikat memimpin dalam pendanaan dengan lebih dari $4 miliar, diikuti oleh Prancis, Kanada, Singapura, dan Hong Kong.

Baca Juga: Perluas Dunia Game Web3, GensoKishi dan Astar Network Berkolaborasi!

Perkembangan dan Tantangan Game Web3

Meskipun ada tantangan, jaringan blockchain yang ditujukan untuk sektor game terus bertumbuh pada tahun 2023. Lebih dari 81 jaringan blockchain baru yang melayani game telah diumumkan, mencerminkan pertumbuhan tahunan sebesar 40%.

Namun, distribusi masih menjadi tantangan strategis bagi Stack Game Web3, dengan enam dari sepuluh game Web3 dikeluarkan dari platform distribusi mainstream.

Dengan Asia Pasifik dan Amerika Serikat memimpin dalam pengembangan dan pendanaan game Web3, kedua wilayah ini berpotensi membentuk narasi global inovasi dalam industri ini. Meskipun masih ada tantangan, prospek masa depan industri game Web3 tampaknya menjanjikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: