Terobosan Baru: Aset Dunia Nyata Kini Bisa Diakses via Blockchain!

Terobosan Baru: Aset Dunia Nyata Kini Bisa Diakses via Blockchain!

Dunia keuangan sedang menyaksikan revolusi dengan masuknya aset dunia nyata ke dalam blockchain. Variant Fund, sebagai pelopor investasi, mengungkapkan optimisme tinggi terhadap tren ini.

Aset yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui pasar tradisional kini dapat dijangkau oleh siapa saja dengan koneksi internet, membuka peluang investasi yang belum pernah ada sebelumnya.

Akses Lebih Luas dengan Crypto

Tokenisasi aset dunia nyata memungkinkan akses yang lebih luas melalui jalur crypto. Ini berarti, kamu yang berada di mana saja di dunia ini dapat memiliki aset tanpa harus terikat dengan batasan geografis atau regulasi yang ketat. Tokenisasi mengurangi hambatan kepemilikan aset, memperluas kesempatan bagi investor dari berbagai latar belakang.

Tokenisasi juga membuka pintu bagi organisasi yang berbasis crypto untuk mengakses aset dunia nyata yang sebelumnya tidak mungkin.

Baca Juga: Investasi Alternatif: Peluang Emas $400 Miliar dengan Tokenisasi!

DAO yang tidak memiliki entitas hukum, misalnya, kini dapat berinvestasi dalam aset dunia nyata untuk meningkatkan kinerja keuangan mereka. Ini adalah langkah besar yang menguntungkan anggota DAO dan proyek yang mereka kelola.

Integrasi dengan DeFi Meningkatkan Produktivitas Aset

stablecoin lampaui defi
Sumber: Bankless Publishing

Aset dunia nyata yang ditokenisasi menjadi kompatibel dengan DeFi, memungkinkan aset tersebut menjadi lebih produktif. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi dari Treasury AS dengan cara menokenisasinya dan menggunakan sebagai jaminan di pasar pinjaman DeFi.

Ini hanyalah satu dari banyak kemungkinan yang terbuka ketika aset dunia nyata terintegrasi dengan mekanisme crypto yang inovatif. Integrasi ini tidak hanya tentang transaksi yang lebih menguntungkan, tetapi juga tentang menciptakan produk keuangan baru yang inovatif.

Produk-produk ini dapat menggabungkan aset dunia nyata dengan instrumen crypto untuk menciptakan solusi yang sebelumnya tidak mungkin ada di pasar tradisional. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam dunia keuangan.

Manfaat bagi Peminjam dan Stabilitas Ekonomi Crypto

Peminjam di dunia nyata juga mendapatkan keuntungan dari aset yang ditokenisasi karena proyek crypto dapat meningkatkan akses mereka ke modal. Goldfinch, sebagai contoh, memfasilitasi investasi utang yang memberikan modal bagi usaha kecil dan menengah di pasar berkembang.

Ini membuka peluang baru bagi peminjam yang sebelumnya terbatas oleh sistem keuangan tradisional. Selain itu, tokenisasi dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi pasar modal dunia nyata.

Proses perdagangan, kliring, dan penyelesaian yang lebih cepat dan murah dapat mengurangi risiko dan biaya, memberikan layanan keuangan yang lebih baik dan terjangkau bagi masyarakat luas. Ini adalah perubahan yang mungkin tidak terlalu menarik bagi penggemar crypto, tetapi memiliki dampak besar bagi pengguna sehari-hari.

Paragraf Penutup

Kemajuan yang dibuat oleh startup dalam mengintegrasikan aset dunia nyata ke dalam blockchain menjanjikan masa depan yang cerah bagi investor crypto dan pengguna.

Variant Fund terbuka untuk terhubung dengan siapa saja yang membangun proyek aset dunia nyata atau ingin menjelajahi ide di ruang ini. Inovasi ini tidak hanya mengubah cara kita berinvestasi, tetapi juga cara kita berinteraksi dengan ekonomi global.

Baca Juga: Kebijakan Baru Korea Selatan Terhadap Aset Digital: Apa yang Perlu Kamu Ketahui!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi