Arweave (AR): Revolusi Penyimpanan Data Abadi di Dunia Crypto!

author:

Arweave (AR): Revolusi Penyimpanan Data Abadi di Dunia Crypto!

Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, Arweave (AR) muncul sebagai solusi inovatif dalam penyimpanan data digital, menawarkan platform yang memungkinkan penyimpanan data secara permanen dan tidak dapat diubah.

Dengan teknologi unik yang disebut “blockweave”, Arweave (AR) tidak hanya mengubah cara kita menyimpan data tetapi juga membuka kemungkinan baru dalam penggunaan data yang aman dan abadi.

Apa itu Arweave (AR) Crypto?

Arweave, yang awalnya dikenal sebagai Archain pada tahun 2017, adalah protokol penyimpanan data yang bertujuan untuk menyediakan solusi penyimpanan yang tahan lama dan terjangkau melalui jaringan inovatifnya.

Baca juga: Skandal Forking Arweave: Kontroversi yang Mengguncang Dunia Crypto

Dengan menggunakan struktur data berbasis blok yang unik, Arweave memungkinkan pembuatan permaweb, sebuah koleksi data, situs web, dan aplikasi yang dihosting di jaringannya.

Protokol Arweave dibangun di atas protokol HTTP, membuat permaweb mudah diakses melalui browser web populer seperti Brave atau Google Chrome.

Arweave mendorong individu dengan ruang hard drive ekstra untuk menyimpan data di jaringannya secara permanen dengan imbalan token AR, dengan visi bahwa biaya penyimpanan akan menurun seiring waktu.

Token AR dan Fungsinya

Token AR adalah mata uang kripto asli dari blockchain Arweave, berperan penting dalam ekosistem Arweave. Dengan pasokan maksimum 66 juta token, lebih dari 55 juta token AR dicetak dalam blok genesis saat peluncuran mainnet Arweave pada Juni 2018.

Token AR digunakan untuk membayar semua biaya transaksi di jaringan Arweave, termasuk biaya penyimpanan dan pengambilan data, serta interaksi dengan berbagai DApp yang dibangun di platform tersebut.

Pengguna yang ingin menyimpan data di blockchain Arweave harus membayar penyimpanan data terdistribusi menggunakan token AR. Selain itu, komputer dalam jaringan yang menyediakan layanan penyimpanan harus menerima insentif mereka secara eksklusif dalam token AR.

Baca juga: Ondo Finance (ONDO): Revolusi Keuangan dengan Tokenisasi Aset Nyata!

Keunikan Arweave (AR) Crypto

arweave
Sumber: Invezz

Arweave (AR) menawarkan solusi penyimpanan data yang unik dengan fitur penyimpanan permanen untuk biaya satu kali di muka, membedakannya dari pesaing di ruang penyimpanan data.

Meskipun perusahaan secara teknis menjamin penyimpanan selama 200 tahun, fitur penyimpanan permanennya tetap menjadi aspek menarik dari penawarannya.

Arweave (AR) saat ini beroperasi dan telah bermitra dengan Internet Archive untuk mencadangkan koleksi data. Dengan teknologi blockweave dan permaweb, Arweave menawarkan solusi penyimpanan yang terdesentralisasi, aman, dan abadi dengan berbagai kasus penggunaan yang menarik.

Dengan pendekatan inovatifnya terhadap penyimpanan data dan ekosistem yang dinamis dari token AR dan DApp, Arweave membuka babak baru dalam dunia penyimpanan data digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Easy Crypto