Tren Positif yang Tak Terbendung, Inflow Produk Aset Digital Sentuh $43 Juta!

author:

Tren Positif yang Tak Terbendung, Inflow Produk Aset Digital Sentuh $43 Juta!

Dalam 11 minggu terakhir, terjadi peningkatan yang stabil pada investasi produk aset digital, dengan arus masuk dana sebesar $43 juta, menurut laporan CoinShares. Peningkatan ini menunjukkan ketertarikan yang semakin besar dari para investor terhadap pasar crypto. Dua raksasa, Eropa dan Amerika Serikat, memimpin gelombang positif ini, meskipun dengan pendekatan yang beragam.

Bitcoin: Daya Tarik Utama di Dunia Investasi Digital

arus masuk crypto terbaru
Sumber: CoinShares

Bitcoin terus berada di garis depan dengan arus masuk dana sebesar $20 juta pekan lalu, yang meningkatkan total investasi tahun ini menjadi $1,7 miliar. Namun, ada kecemasan mengenai kelanjutan tren harga yang meningkat, yang tercermin dari arus masuk dana untuk posisi short Bitcoin sebesar $8,6 juta.

Baca juga: Pemotongan Suku Bunga Federal Reserve 2024 ‘Katalis Sempurna’ untuk Halving Bitcoin!

Peningkatan ini menandakan bahwa investor masih berhati-hati terhadap kemungkinan penurunan harga. Ethereum juga mengikuti jejak dengan arus masuk mingguan sebesar $10 juta. Ini menandai minggu ke-enam berturut-turut dimana Ethereum menerima arus masuk dana, mengubah arus keluar tahunan sebesar $125 juta menjadi arus masuk $19 juta.

Selain itu, altcoin lain seperti Solana dan Avalanche juga terus mendapatkan perhatian, dengan arus masuk masing-masing sebesar $3 juta dan $2 juta.

Sumber: CoinShares

Ekuitas Berbasis Blockchain dan Dinamika Pasar Regional

Ekuitas yang berfokus pada teknologi blockchain mencatatkan arus masuk mingguan tertinggi dengan $126 juta. Ini menandakan bahwa minat investor tidak hanya terbatas pada mata uang digital, tetapi juga pada perusahaan yang mengadopsi teknologi blockchain.

Baca juga: Manajer Aset Inggris M&G Menginvestasikan $20 Juta dalam Pertukaran Derivatif Bitcoin!

Beberapa perusahaan penambangan Bitcoin seperti Bitfarms dan Core Scientific mengalami lonjakan nilai, sementara lainnya seperti Cipher Mining dan Hut 8 menghadapi penurunan. Dari perspektif regional, Eropa mendominasi dengan arus masuk sebesar $43 juta.

Disusul oleh Amerika Serikat dengan arus masuk $14 juta, walaupun separuh dari dana tersebut dialokasikan untuk posisi short. Hong Kong mencatat sebagai outlier dengan arus keluar selama dua minggu berturut-turut sebesar $8 juta, dan Brasil juga mengalami arus keluar sebesar $4,6 juta.

Secara keseluruhan, gelombang positif dalam investasi aset digital mencerminkan peningkatan kepercayaan dari para investor. Meskipun ada volatilitas dan risiko yang melekat, pasar crypto terus menarik investasi baru. Hal ini menunjukkan bahwa aset digital semakin diakui sebagai komponen penting dalam portofolio investasi yang modern.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: