Rekor Baru! Arus Masuk Dana Crypto Tembus $1 Miliar, 3 Crypto Ini Memimpin Lonjakan!

author:

Array

Rekor Baru! Arus Masuk Dana Crypto Tembus $1 Miliar, 3 Crypto Ini Memimpin Lonjakan!

Pada tahun 2023 ini, arus masuk dana crypto mencetak rekor baru dengan tembus $1 miliar. Bitcoin, Ethereum, dan Solana tercatat menjadi pemimpin dalam lonjakan ini. Menurut laporan terbaru CoinShares, manajer aset seperti CoinShares, 21Shares, Bitwise, Grayscale, dan ProShares berhasil menambah $293 juta dalam tujuh minggu terakhir, sehingga total arus masuk tahun ini mencapai $1,14 miliar. Simak lebih lanjut, yuk!

Bitcoin Memimpin Lonjakan

arus masuk crypto

Baca juga: Bitcoin Siap Meledak! Permintaan Diperkirakan Naik 10X dalam 12 Bulan Mendatang

Menurut laporan terbaru yang dibagikan CoinShares, arus masuk year-to-date sekarang mencapai $1,14 miliar, angka ini ditandai sebagai arus masuk tahunan tertinggi ketiga dalam catatan, dengan total aset yang dikelola naik 9,6% selama seminggu terakhir dan 99% sejak awal tahun, tulis Kepala Riset CoinShares James Butterfill.

“Pada $ 44.3 miliar, total aset yang dikelola sekarang menjadi yang tertinggi sejak kegagalan dana crypto utama pada Mei 2022,” tambahnya.

Lebih lanjut, produk investasi Bitcoin menjadi pemimpin dalam lonjakan ini, dengan mendaftarkan inflasi sebesar $240 juta. Sementara itu, produk Bitcoin jangka pendek justru mengalami aliran keluar sebesar $7 juta.

Menurut James Butterfill, Kepala Penelitian CoinShares, hal ini menunjukkan sentimen positif yang berkelanjutan. Selain itu, Bitcoin ETPs juga menyumbang hampir 20% dari total volume perdagangan Bitcoin pekan lalu.

Ini menunjukkan bahwa investor ETP berpartisipasi lebih banyak dalam reli ini dibandingkan dengan tahun 2020/2021.

Ethereum dan Solana Ikut Berpartisipasi

Pada minggu yang sama, BlackRock mengajukan pendaftaran untuk entitas Trust Ethereum di Delaware dan Nasdaq mengajukan ETF spot ether yang diusulkan oleh BlackRock. Akibatnya, produk berbasis Ethereum melihat arus masuk terbesar sejak Agustus 2022, menambah $49 juta. Angka tersebut mengikuti arus masuk sebesar $17,5 juta pada minggu sebelumnya, menandakan perubahan sentimen, menurut Butterfill.

arus masuk solana
Grafik harga SOL/USD. Gambar: Blok/TradingView.

Baca juga: Grayscale Solana Trust Melambung 869%, Apa Alasannya?

Selain itu, dana berbasis Solana juga melihat arus masuk signifikan sebesar $12,4 juta dalam minggu di mana aset crypto ini naik lebih dari 40% untuk mencapai puncak sekitar $62.

Pada saat kepenulisan, Solana tengah diperdagangkan di sekitar $57. Bitcoin dan Ethereum naik sekitar 4,5% dan 7,6% selama seminggu terakhir dan saat ini diperdagangkan pada $36,693 dan $2,042.

Secara regional, Kanada, AS, Jerman, dan Swiss memimpin aliran dana, dengan kontribusi masing-masing sebesar $105,7 juta, $81,1 juta, $52,9 juta, dan $50,3 juta. Selain itu, ETF ekuitas blockchain melihat inflasi terbesar sejak Juli 2022, sebesar $14 juta, membawa aliran netto menjadi positif $11 juta untuk tahun ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array