Arus Keluar ETF Bitcoin Spot Grayscale (GBTC) Mencapai $7 Miliar!

author:

Arus Keluar ETF Bitcoin Spot Grayscale (GBTC) Mencapai $7 Miliar!

Dalam dunia investasi crypto, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengalami fenomena yang mengejutkan. Aliran dana keluar dari GBTC telah mencapai angka yang menakjubkan, yaitu $7 miliar.

Fenomena ini menimbulkan pertanyaan besar di kalangan investor: Apakah ini pertanda era Grayscale mulai berakhir?

Penyebab Aliran Dana Keluar

arus keluar grayscale bitcoin etf
Sumber: X

Aliran dana keluar dari GBTC tidak terjadi secara tiba-tiba. Beberapa faktor telah berkontribusi terhadap fenomena ini.

Baca juga: Bitcoin ETF: Investasi Menggiurkan di Tengah Naiknya Harga Bitcoin!

Pertama, munculnya ETF Bitcoin dengan biaya lebih rendah telah memberikan alternatif yang menarik bagi investor, yang sebelumnya mungkin memilih GBTC karena kurangnya pilihan.

Selain itu, penutupan perdagangan arbitrase juga berperan. Ketika GBTC masih beroperasi sebagai dana tertutup, ia diperdagangkan dengan diskon yang signifikan terhadap harga Bitcoin.

Namun, dengan konversi menjadi ETF dan munculnya alternatif dengan biaya lebih rendah, investor mulai memindahkan aset mereka, yang mengakibatkan aliran dana keluar dari GBTC.

Dampak pada Pasar ETF Bitcoin

Aliran dana keluar dari GBTC memiliki dampak yang signifikan pada pasar ETF Bitcoin secara keseluruhan. Dalam beberapa minggu terakhir, telah terjadi penurunan tajam dalam jumlah dana yang keluar dari GBTC, menunjukkan bahwa “pendarahan” mungkin hampir berhenti.

Namun, potensi aliran dana keluar lebih lanjut masih ada, terutama setelah seorang hakim baru-baru ini menandatangani perintah yang memungkinkan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Genesis, untuk menjual sebagian investasinya dari Grayscale.

Menurut dokumen pengadilan, Genesis memiliki sekitar $1,6 miliar saham di GBTC, Grayscale Ethereum Trust (ETHE), dan Grayscale Ethereum Classic Trust (ETCG).

Baca juga: Harga Bitcoin Diramalkan akan Alami Koreksi 40% Sebelum Meroket ke $150.000!

Langkah Grayscale Selanjutnya

Di tengah tantangan ini, Grayscale mungkin mempertimbangkan strategi baru untuk mempertahankan dan menarik investor. Salah satu strategi yang diusulkan adalah peluncuran “mini-GBTC”, yaitu ETF Bitcoin spot baru dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Langkah ini bisa menjadi cara untuk Grayscale bersaing dengan ETF baru yang menawarkan biaya lebih rendah dan menjadi lebih menarik bagi investor.

Selain itu, Grayscale mungkin perlu menyesuaikan strategi pemasarannya dan menawarkan produk yang lebih inovatif untuk tetap relevan di pasar yang semakin kompetitif. Keberhasilan langkah-langkah ini akan sangat bergantung pada kemampuan Grayscale untuk menyesuaikan diri dengan dinamika pasar yang berubah dengan cepat.

Dengan aliran dana keluar yang melambat dan potensi strategi baru dari Grayscale, masa depan GBTC masih penuh dengan ketidakpastian.

Investor dan pengamat pasar akan terus memantau perkembangan ini dengan cermat untuk melihat apakah Grayscale dapat membalikkan tren saat ini dan memulihkan posisinya sebagai pemimpin di pasar ETF Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: U Today