Arm Holding Milik SoftBank Kembali ke Pasar Publik dengan Valuasi $65 Miliar!

Arm Holding Milik SoftBank Kembali ke Pasar Publik dengan Valuasi $65 Miliar!

Arm Holdings, perusahaan teknologi semikonduktor yang dimiliki oleh SoftBank, membuat debut kuat di pasar publik setelah penawaran saham perdana (IPO) yang mengumpulkan lebih dari $5 miliar untuk perusahaan tersebut dan memberikannya valuasi sebesar $65 miliar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Debut Kuat di Pasar Publik

Saham Arm dibuka di atas harga IPO $51 di bursa Nasdaq, melonjak menjadi $56.10 pada perdagangan awal. Pada penutupan, saham tersebut diperdagangkan pada $63.59, meningkat hampir 25% dari harga IPO.

Kinerja kuat ini menunjukkan bahwa permintaan investor untuk IPO, yang sempat terhambat oleh ketegangan geopolitik dan tingkat bunga yang lebih tinggi, mungkin sedang rebound.

Salman Malik, partner di Anson Funds di Toronto, menyatakan bahwa IPO ini sukses dan menunjukkan bahwa tema kecerdasan buatan (AI) masih sangat relevan.

Baca Juga: Salah Satu Perusahaan “Big Four” Merogoh Kocek $1,4 Miliar untuk Revolusi AI dalam Industri Konsultasi

Sejarah dan Kinerja Arm Holding

kinerja arm holding
Sumber: KTLA

Menurut Decrypt, SoftBank mengakuisisi Arm pada tahun 2016 dengan harga $32 miliar. Sejak itu, SoftBank telah mencari cara untuk menjual sebagian sahamnya, termasuk upaya penjualan ke Nvidia pada 2020 yang gagal karena hambatan regulasi.

Meskipun menunjukkan kinerja kuat pada debutnya, valuasi Arm saat ini lebih rendah dari $64 miliar saat SoftBank membeli 25% saham Arm yang tidak dimilikinya langsung dari unit Vision Fund bulan lalu.

Namun, CEO SoftBank, Masayoshi Son, tetap optimis tentang Arm. Jason Child, CFO Arm, mengatakan bahwa Son sangat bullish terhadap perusahaan tersebut dan fokus utamanya adalah pada harga saham di masa depan.

Baca Juga: Uni Eropa Luncurkan Inisiatif Superkomputer untuk Startup AI: Langkah Besar Menuju Tata Kelola AI!

Pentingnya Arm dalam Ekosistem Teknologi

Arm memegang posisi penting dalam ekosistem perangkat keras teknologi karena desain chip-nya digunakan di hampir setiap smartphone di dunia.

Meskipun pendapatan tahunannya menurun 1%, Arm masih dapat meningkatkan penjualan karena mendapatkan royalti sebesar 5% pada chip yang dibuat dengan teknologi terbaru dibandingkan dengan 3% pada versi sebelumnya.

Dengan perbandingan valuasi terdekat dengan Arm adalah desainer sirkuit Cadence Design Systems, beberapa bankir yang bekerja pada IPO tersebut mengatakan bahwa Cadence diperdagangkan pada 35 kali pendapatan 2025, sementara Arm pada $51 per saham diperdagangkan pada 29 kali pendapatan.

    Debut Arm di Nasdaq menandai momen penting bagi perusahaan dan industri semikonduktor secara keseluruhan. Dengan teknologi yang terus berkembang dan permintaan yang meningkat untuk solusi chip canggih, masa depan Arm tampaknya cerah.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: