ARK Invest Lepas $52 Juta Saham Coinbase Selagi Harga Sahamnya Menembus di atas $270

author:

ARK Invest Lepas $52 Juta Saham Coinbase Selagi Harga Sahamnya Menembus di atas $270

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah langkah yang mengejutkan pasar, Ark Invest di bawah kepemimpinan Cathie Wood, melepas saham Coinbase dan Robinhood senilai lebih dari $52 juta.

Penjualan besar-besaran ini terjadi di tengah reli saham COIN dan HOOD yang baru-baru ini mencapai puncak tertinggi dalam 52 minggu.

Keputusan ini menimbulkan berbagai spekulasi dan pertanyaan di kalangan investor dan pengamat pasar.

Penjualan Saham Coinbase oleh Ark Invest

Ark Invest menjual total 199.526 saham Coinbase dari tiga ETF yang dikelolanya, dengan nilai total penjualan mencapai $52,3 juta.

Baca juga: ARK Invest Lepas Pemilikan Saham Coinbase Senilai $25,3 Juta, Ada Apa?

Penjualan ini mencakup 133.533 saham dari ARK Innovation ETF (ARKK) senilai sekitar $35 juta, 59.215 saham dari ARK Next Generation Internet ETF (ARKW) senilai $15,5 juta, dan 6.778 saham dari ARK Fintech Innovation ETF (ARKF) senilai $1,8 juta.

Lebih lanjut, penjualan ini terjadi saat saham Coinbase terus menunjukkan pertumbuhan stabil, melonjak di atas $270 untuk pertama kalinya sejak Desember 2021.

Saham Coinbase bahkan sempat menyentuh $276 pada 21 Maret 2024, menurut data dari TradingView.

Grafik harga saham Coinbase selama enam bulan. Sumber: TradingView

Strategi Diversifikasi Ark Invest

Ark Invest, yang dikenal dengan strategi investasinya yang inovatif, bertujuan untuk tidak membiarkan satu posisi individu mendominasi lebih dari 10% dari portofolio ETF untuk menjaga diversifikasi dalam dana yang dikelolanya. Ini berarti Ark Invest kemungkinan akan terus menyeimbangkan kembali bobot dana jika harga saham COIN terus meningkat.

Saat ini, Coinbase masih menjadi pemegang terbesar dalam ETF ARKK, ARKW, dan ARKF Ark Invest, dengan bobot saat ini masing-masing sebesar 10,5%, 11,4%, dan 12,1%.

Saham Coinbase dalam ARKK memiliki nilai pasar $831 juta, dengan bobot COIN di ARKW dan ARKF bernilai $196,5 juta dan $141,2 juta pada harga saat ini.

Baca juga: ARK Invest: Alokasi Bitcoin 19,4% untuk Maksimalkan Keuntungan

Dampak Penjualan Saham pada Pasar

Penjualan saham Coinbase dan Robinhood oleh Ark Invest menimbulkan pertanyaan tentang strategi jangka panjang Cathie Wood dan timnya terhadap perusahaan-perusahaan crypto ini.

Meskipun saham Coinbase dan Robinhood telah menunjukkan kinerja yang kuat baru-baru ini, langkah Ark Invest untuk mengurangi eksposur mereka mungkin menandakan pandangan yang lebih hati-hati terhadap prospek jangka panjang kedua perusahaan ini.

Penjualan ini juga menyoroti pentingnya diversifikasi dan manajemen risiko dalam portofolio investasi, terutama dalam pasar yang sangat volatil seperti crypto dan teknologi keuangan.

Investor dan pengamat pasar akan terus memantau langkah selanjutnya dari Ark Invest dan dampaknya terhadap dinamika pasar saham dan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bitcoin News