Bitcoin ETF (ARKB) Cathie Wood Pecahkan Rekor Outflow, Lampaui GBTC Grayscale!

author:

Bitcoin ETF (ARKB) Cathie Wood Pecahkan Rekor Outflow, Lampaui GBTC Grayscale!

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah peristiwa yang mengejutkan pasar crypto, ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) milik Cathie Wood mencatatkan outflow atau arus keluar harian lebih dari $87 juta, sebuah angka yang belum pernah terjadi sebelumnya dan bahkan melampaui outflow dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

Fenomena ini menandai titik balik penting dalam dinamika pasar ETF Bitcoin, mengisyaratkan perubahan preferensi investor dan potensi dampak jangka panjang terhadap pasar crypto secara keseluruhan.

Outflow Rekor ARKB: Sinyal Perubahan Pasar

ARKB ETF mengalami outflow harian sebesar $87,5 juta pada 2 April, setara dengan sekitar 1.300 BTC, menurut data dari Farside Investors. Ini merupakan hari kedua berturut-turut ARKB mengalami outflow, dengan kehilangan $300.000 aset pada hari pertama outflow-nya.

ETF Bitcoin mengalir dalam dolar AS. Sumber: Farside Investors

Sementara itu, GBTC Grayscale mencatatkan outflow harian sebesar $81,9 juta, yang meskipun lebih rendah dari ARKB, tetap menunjukkan tren outflow yang konsisten sejak konversinya menjadi ETF spot.

Peristiwa ini menandai pertama kalinya ARKB mengalami outflow harian yang lebih besar dari GBTC, menunjukkan pergeseran signifikan dalam dinamika pasar ETF Bitcoin.

Outflow besar-besaran dari ARKB mungkin menandakan kekhawatiran investor terhadap volatilitas pasar atau mungkin merupakan hasil dari realokasi aset ke instrumen investasi lain.

Dampak pada Pasar dan ETF Lain

Meskipun ARKB dan GBTC mengalami outflow, ETF Bitcoin milik BlackRock mencatat inflow sebesar $150,5 juta, menghasilkan inflow agregat netto sebesar $40,3 juta untuk hari itu.

Sementara itu, ARKB tetap menjadi ETF spot terbesar ketiga, dengan aset di bawah manajemen (AUM) sebesar $2,2 miliar, hanya tertinggal dari dana BlackRock dan Fidelity yang memiliki AUM masing-masing sebesar $14,1 miliar dan $7,6 miliar.

Sumber: HODL15Capital

Outflow dari ARKB dan GBTC, bersamaan dengan inflow ke dana lain, menunjukkan redistribusi modal di antara berbagai ETF Bitcoin. Ini bisa menandakan perubahan preferensi investor atau penilaian ulang terhadap risiko yang terkait dengan berbagai dana.

Pasar Bitcoin dan Pengenalan ETF Leveraged

Penurunan harga Bitcoin, yang turun sekitar 9% dari puncak minggu lalu di $71.500 dan sempat menyentuh di bawah $65.000 pada 3 April 2024, bertepatan dengan peningkatan outflow dari ETF.

Pengenalan ETF spot Bitcoin leveraged pertama, yang diperdagangkan di bawah ticker BITU dan SBIT, telah menambah dinamika pasar, dengan analis Bloomberg ETF Eric Balchunas menyoroti bahwa ETF ini diperkirakan akan menjadi salah satu ETF paling volatil di AS.

Peningkatan volume perdagangan ETF Bitcoin, yang mencapai sekitar $111 miliar pada bulan Maret, hampir tiga kali lipat dari volume pada Februari dan Januari, menunjukkan minat yang meningkat terhadap produk ETF Bitcoin meskipun terjadi outflow besar-besaran dari dana tertentu.

Dalam dunia crypto yang selalu berubah, outflow rekor dari ARKB menandai momen penting yang bisa memiliki implikasi jangka panjang terhadap pasar ETF Bitcoin dan dinamika investasi crypto secara keseluruhan.

Investor dan pengamat pasar akan terus memantau perkembangan ini untuk memahami dampaknya terhadap tren pasar crypto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Decrypt