Bukan BlackRock, ARK Invest Jadi Antrian Pertama dalam Pengajuan ETF Bitcoin Spot?

author:

Bukan BlackRock, ARK Invest Jadi Antrian Pertama dalam Pengajuan ETF Bitcoin Spot?

ARK Invest, perusahaan pro-Bitcoin yang didirikan oleh investor veteran Cathie Wood, dilaporkan memimpin perlombaan untuk mendapatkan ETF Bitcoin spot. Meskipun BlackRock, perusahaan investasi terkemuka, baru-baru ini mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin spot, analis dan eksekutif percaya bahwa ARK Invest mungkin berada di depan dalam perlombaan ini.

ARK Invest vs BlackRock: Siapa yang Lebih Layak?

cathie wood percata crypto
Cathie Wood – Investopedia

Pada pertengahan Juni 2023, BlackRock, sebuah perusahaan investasi global terkemuka, mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin spot. Pengajuan ini memicu optimisme yang signifikan di pasar cryptocurrency, dengan banyak pihak berharap bahwa BlackRock bisa menjadi penerbit ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat. Namun, beberapa laporan dan analisis menunjukkan bahwa mungkin bukan BlackRock yang akan menjadi yang pertama mendapatkan persetujuan.

Yassine Elmandjra, seorang analis di ARK Investment Management, menekankan bahwa ARK dan manajer aset Eropa 21Shares telah mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin spot ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada bulan April 2023. Menurut Elmandjra, pengajuan ini sekarang adalah satu-satunya yang berada di depan pengajuan BlackRock. Elmandjra juga menambahkan bahwa pengaju lain akan dapat mengubah pengajuan mereka dengan perjanjian serupa dengan biaya yang sedikit.

Baca juga: CEO CoinShares: Institusi Finansial dengan Aset Rp404 Kuadriliun Siap Sambut Bitcoin!

Pendapat Elmandjra didukung oleh James Seyffart, analis ETF Bloomberg Intelligence. Seyffart berpendapat bahwa ARK dan 21Shares harus berada di depan siapa pun untuk ETF Bitcoin spot. Menurut Seyffart,

“21Shares, ARK dan Cboe adalah yang pertama dalam antrian karena tanggal keputusan SEC berikutnya adalah 13 Agustus 2023, dan kita belum memiliki tanggal untuk aplikasi 19b-4 lainnya seperti yang dari BlackRock.”

Hal ini menunjukkan bahwa ARK dan 21Shares memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan persetujuan lebih awal dari SEC.

Analisis dan Prediksi Pasar

ark investment antrian nomor 1 etf bitcoin
CryptoHubK

James Seyffart, analis ETF Bloomberg Intelligence, memberikan pandangan yang mendukung ARK dan 21Shares. Seyffart berpendapat bahwa kedua perusahaan tersebut harus berada di depan siapa pun dalam perlombaan untuk mendapatkan ETF Bitcoin spot. Alasannya adalah bahwa tanggal keputusan berikutnya dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk 21Shares, ARK, dan Cboe adalah 13 Agustus 2023. Sementara itu, belum ada tanggal yang ditentukan untuk aplikasi lainnya seperti yang diajukan oleh BlackRock.

Meskipun ada optimisme yang tumbuh tentang kemungkinan kedatangan ETF Bitcoin spot di pasar AS, banyak ahli percaya bahwa produk semacam itu tidak akan segera hadir. SEC, yang bertugas menyetujui pengajuan semacam itu, tidak mungkin menyetujui ETF Bitcoin spot pada tahun 2023. Hal ini karena belum ada banyak kemajuan sejak Winklevoss twins pertama kali mengajukan permohonan untuk satu pada tahun 2017.

Wade Guenther, partner di Wilshire Phoenix, memberikan pandangan yang sama. Menurut Guenther, “Belum ada banyak perkembangan sejak pertama kali banyak sponsor ini mengajukan ETF Bitcoin spot awal mereka.”

Guenther menambahkan bahwa dia tidak percaya bahwa ETF Bitcoin spot akan tersedia untuk publik dalam waktu dekat karena masih ada waktu tertentu untuk ditinjau.

Tanggapan dan Reaksi Pasar

Pengajuan BlackRock untuk iShares Bitcoin Trust telah memicu gelombang pengajuan ETF Bitcoin yang diaktifkan kembali. Perusahaan seperti manajer dana crypto Valkyrie, WisdomTree dan Invesco mengajukan kembali permohonan untuk ETF Bitcoin spot, dengan Bitwise juga dilaporkan mencoba lagi untuk ETF BTC.

Baca juga: Rekor Terbesar, Aliran Dana Mingguan Investasi Crypto Mencapai Rp2,9 Triliun Sejak Juli 2022!

Meski demikian, banyak pengamat industri telah menyoroti waktu pengajuan ETF Bitcoin spot BlackRock, dengan beberapa orang menduga bahwa perusahaan mungkin memiliki informasi dari dalam tentang kebijakan ETF BTC SEC.

Pada akhirnya, seski optimisme meningkat tentang potensi kedatangan ETF Bitcoin spot di pasar AS, banyak ahli percaya bahwa produk semacam itu tidak akan datang dalam waktu dekat. SEC tidak mungkin menyetujui ETF Bitcoin spot pada tahun 2023 karena belum banyak kemajuan sejak Winklevoss twins mengajukan permohonan untuk satu pada tahun 2017.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: