ARK Invest Lepas Hampir 700 Ribu Saham GBTC, Apa yang Terjadi?

author:

ARK Invest Lepas Hampir 700 Ribu Saham GBTC, Apa yang Terjadi?

Selama satu bulan terakhir, ARK Invest, perusahaan investasi yang dimiliki oleh Cathie Wood, telah melepaskan hampir 700 ribu saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Hal ini terjadi meskipun Bitcoin mencapai puncak tertinggi dalam 17 bulan terakhir dan adanya optimisme terhadap peluncuran Bitcoin exchange-traded fund (ETF) spot.

Penjualan Saham GBTC oleh ARK Invest

ARK Next Generation Internet ETF (ARKW), yang merupakan bagian dari ARK Invest, telah melepaskan 36.168 saham GBTC pada 22 November 2023. Dengan penjualan ini, total saham GBTC yang telah dilepas oleh ARKW sejak 23 Oktober 2023 mencapai 697.768 saham.

Berdasarkan data perdagangan harian ARK yang dilihat oleh Cointelegraph, ARKW telah melepaskan sekitar $1 juta dalam GBTC saat trust Grayscale diperdagangkan sekitar $30 pada 22 November. ARK mulai melepaskan saham Grayscale Bitcoin Trust pada 23 Oktober 2023, saat Bitcoin sedang menuju $34,000.

Baca juga: Ark Invest Lepas Saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) Senilai $6 Juta

Sebelum itu, transaksi GBTC ARK yang dilaporkan sebelumnya adalah pada November 2022, ketika perusahaan melepaskan 450.272 saham GBTC.

Posisi ARK Invest Pasca Penjualan Saham GBTC

Meskipun telah melepaskan hampir 700 ribu saham GBTC dalam sebulan terakhir, ARKW ARK masih memegang saham GBTC senilai $131,8 juta, atau lebih dari 4,3 juta saham GBTC. Per 24 November, Grayscale Bitcoin Trust menyumbang 9,2% dari portofolio ARKW, berada di peringkat ketiga setelah Coinbase dan Roku, menurut data resmi ARKW.

ETF ARK yang melepaskan dana tersebut naik lebih dari 68% sepanjang tahun ini dibandingkan dengan peningkatan lebih dari 271% yang dicatat oleh trust Grayscale, menurut data Google Finance.

Sementara itu, Bitcoin naik 125% sepanjang tahun ini dan mendekati $38,000 pada 16 November 2023, tertinggi sejak Mei 2022, menurut Cointelegraph Markets Pro. ARK Invest baru-baru ini mengajukan aplikasi terbaru untuk Bitcoin ETF spot mereka yang akan mulai diperdagangkan di Chicago Board Options Exchange (CBOE) setelah mendapatkan persetujuan dari SEC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: