ARK Invest Lepas Pemilikan Saham Coinbase Senilai $25,3 Juta, Ada Apa?

author:

ARK Invest Lepas Pemilikan Saham Coinbase Senilai $25,3 Juta, Ada Apa?

Perusahaan investasi terkemuka ARK Invest, yang dipimpin oleh Cathie Wood, telah melakukan penjualan besar-besaran saham Coinbase Global Inc. dengan total nilai mencapai $25,3 juta.

Tindakan ini menandai kelanjutan dari serangkaian divestasi yang dilakukan oleh ARK Invest. Pertanyaannya, apa yang mendasari keputusan ARK Invest untuk menjual saham tersebut, dan apa pengaruhnya terhadap industri crypto?

Kegiatan Penjualan Berkesinambungan

coinbase custody etf bitcoin
Sumber: Blockchain News

Penjualan saham Coinbase oleh ARK Invest tidak berhenti pada satu kesempatan saja. Tercatat pada tanggal 3 Januari 2024, ARK Innovation ETF (ARKK) telah melepaskan 145.048 saham Coinbase, dan ARK Next Generation Internet ETF (ARKW) telah menjual 21.135 saham.

Baca juga: Inflow Investasi Crypto Melonjak Hingga $2,25 Miliar, Bitcoin Mendominasi!

Aksi ini merupakan bagian dari pola penjualan yang dilakukan ARK Invest dalam mengurangi kepemilikan mereka di perusahaan crypto exchange tersebut. Sehari sebelumnya, ARK Invest juga telah melepas 3.360 saham Coinbase dengan nilai lebih dari $580.000 dan 23.606 saham Robinhood Markets Inc. senilai hampir $300.000.

Lebih lanjut , transaksi tersebut melibatkan beberapa ETF yang dikelola oleh ARK, termasuk ARKK, ARKW, dan ARK Fintech Innovation ETF (ARKF).

Strategi Investasi ARK

Coinbase telah mendapat perhatian sebagai tempat penyimpanan aset crypto bagi berbagai institusi keuangan konvensional, termasuk BlackRock. BlackRock merupakan salah satu dari sekian banyak entitas yang telah mengajukan proposal untuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin spot.

Sebelumnya, ARK Invest juga telah menjual saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) sebanyak 2,25 juta lembar senilai sekitar $81 juta. Dana yang diperoleh dari penjualan tersebut telah dialihkan ke investasi dalam ARK 21Shares Active Bitcoin Futures Strategy ETF (ARKA) dan ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO).

Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi ARK Invest dalam mengantisipasi persetujuan ETF bitcoin spot mereka, ARKB, yang keputusannya diharapkan akan diumumkan oleh U.S. SEC sekitar tanggal 10 Januari 2025.

Baca juga: Kabar Gembira bagi Investor Crypto: SEC Bisa Beri Lampu Hijau untuk ETF Bitcoin di Januari 2024!

Pengaruh Terhadap Nilai Saham

potofolio saham adalah
Sumber: Freepik

Penjualan saham Coinbase oleh ARK Invest berlangsung di saat terjadi penurunan nilai saham Coinbase sebesar 2,96% menjadi $152,24 pada hari Rabu. Penurunan ini dipicu oleh turunnya harga bitcoin dan penundaan sementara dalam kenaikan pasar crypto.

Saham Coinbase sendiri telah mengalami peningkatan signifikan, lebih dari 300% selama tahun sebelumnya. Penjualan ini juga mencerminkan strategi ARK Invest dalam menjaga proporsi setiap saham dalam ETF mereka agar tidak melebihi 10% dari total nilai dana.

Dengan peningkatan harga saham COIN yang signifikan dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, saham tersebut telah melewati batas tersebut dalam ARKK dan ARKW, sehingga ARK Invest perlu melakukan penjualan saham Coinbase secara berkala.

Secara keseluruhan, penjualan saham Coinbase dalam jumlah besar oleh ARK Invest menandakan sebuah perubahan strategi investasi yang menarik. Di tengah fluktuasi pasar crypto yang dinamis, tindakan seperti ini dapat menjadi sinyal penting bagi investor yang memperhatikan arah pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: