Transparansi ETF Bitcoin ARKB Meningkat dengan Integrasi Chainlink!

Transparansi ETF Bitcoin ARKB Meningkat dengan Integrasi Chainlink!

Dalam upaya meningkatkan transparansi, Ark Invest dan 21Shares telah mengumumkan kolaborasi untuk mengintegrasikan platform Proof of Reserve Chainlink ke dalam ETF Bitcoin ARK 21Shares (ARKB). Integrasi ini memungkinkan verifikasi data kepemilikan aset kripto secara langsung. Simak berta lengkapnya berikt ini!

ARKB merupakan salah satu ETF Bitcoin yang cukup sukses sejak diluncurkan pada 11 Januari 2024. Hingga akhir hari Senin, ARKB telah mengumpulkan 33.274 Bitcoin dengan aset kelolaan lebih dari $1,8 miliar.

integrasi chainlink arkb
Sumber: Chainlink

Keputusan untuk mengintegrasikan platform Proof of Reserve Chainlink mengikuti langkah serupa yang dilakukan oleh penerbit ETF Bitcoin spot lainnya, Bitwise, pada bulan Januari. Bitwise mengungkapkan alamat dompet digitalnya untuk menunjukkan kepemilikan ETF Bitcoin Bitwise (BITB).

Upaya transparansi Bitwise ini diterima dengan baik oleh para ahli industri, sehingga menjadi preseden bagi penerbit ETF lainnya untuk mengikuti langkah yang sama. Dengan integrasi ini, Ark/21Shares menjadi penerbit kedua yang membawa data kepemilikan aset kripto secara langsung, sehingga semakin meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di pasar.

Baca Juga: Aset Bitcoin GBTC Holdings Turun Drastis, Saingannya Justru Berlomba-lomba Akumulasi!

Meningkatkan Kepercayaan Investor

Integrasi Chainlink’s Proof of Reserve (PoR) memungkinkan investor ARKB untuk memiliki keyakinan yang lebih tinggi bahwa ARKB sepenuhnya didukung oleh kepemilikan Bitcoin. Umpan PoR ini adalah jenis umpan cadangan di luar rantai yang menarik data cadangan langsung dari Coinbase.

Karena Coinbase memiliki akses langsung ke akun atau brankas yang menyimpan aset cadangan, ia dapat menghitung total nilai cadangan dan melaporkan data tersebut secara langsung melalui oracle Chainlink.

Beberapa manfaat dari Proof of Reserve meliputi:

  • Meningkatkan transparansi dengan menyediakan verifikasi independen atas kepemilikan aset kripto.
  • Membangun kepercayaan investor dengan memastikan bahwa aset kripto disimpan dengan aman dan terjamin.
  • Memitigasi risiko penipuan dan manipulasi dengan menyediakan data kepemilikan aset kripto yang akurat dan dapat diverifikasi.
  • Memungkinkan investor untuk membuat keputusan investasi yang lebih tepat dengan memiliki informasi yang lebih lengkap tentang aset kripto yang mereka investasikan.

Baca Juga: ETF Spot Bitcoin Baru Mengumpulkan 200.000 BTC dalam Waktu Kurang dari Sebulan!

Standar Baru Transparansi dan Keamanan

Ophelia Snyder, salah satu pendiri dan presiden di 21Shares, menekankan pentingnya kolaborasi ini, yang memungkinkan tingkat wawasan dan keamanan yang tak tertandingi untuk kepemilikan investor di ARKB.

Dengan mengintegrasikan Chainlink, pemimpin industri dalam Proof of Reserves untuk aset token, 21Shares menetapkan standar baru untuk menggabungkan transparansi dan keamanan dalam manajemen aset digital.

Kolaborasi ini memungkinkan 21Shares untuk menawarkan tingkat wawasan dan keamanan yang tak tertandingi untuk kepemilikan investor mereka untuk ARKB, memperkuat komitmen 21Shares untuk memimpin dalam manajemen aset yang aman dan transparan.

Kesimpulan

Integrasi Chainlink’s Proof of Reserve oleh Ark Invest dan 21Shares merupakan langkah maju yang signifikan dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di pasar ETF Bitcoin. Dengan menyediakan data kepemilikan aset kripto yang diverifikasi secara independen, ARKB menawarkan kepada investor tingkat kepercayaan dan keamanan yang lebih tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi