ARK Invest dan 21Shares Persiapkan ETF Bitcoin, Apakah SEC Akan Beri Persetujuan?

ARK Invest dan 21Shares Persiapkan ETF Bitcoin, Apakah SEC Akan Beri Persetujuan?

aru-baru ini, ARK Invest dan 21Shares telah melakukan modifikasi pada aplikasi ETF Bitcoin mereka yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Modifikasi ini tampaknya ditujukan untuk mengatasi kekhawatiran yang sebelumnya disampaikan oleh SEC, menunjukkan adanya kemajuan yang berarti. Apakah ini merupakan indikasi positif untuk persetujuan ETF Bitcoin di masa mendatang? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Modifikasi Signifikan dalam Pengajuan ETF

eric balchunas ark invest
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Modifikasi yang diajukan oleh ARK Invest dan 21Shares pada tanggal 11 Oktober ini mencakup penambahan informasi tentang bagaimana dana tersebut akan melindungi aset dan menetapkan nilai aset.

Menurut Eric Balchunas, seorang analis senior ETF dari Bloomberg, modifikasi ini tampaknya merupakan tanggapan langsung terhadap kekhawatiran yang sebelumnya disampaikan oleh SEC kepada penerbit ETF.

Balchunas menambahkan bahwa modifikasi ini “menunjukkan bahwa ARK telah menerima umpan balik dari SEC dan telah menanggapi semuanya, dan sekarang giliran SEC untuk merespons.” Modifikasi tersebut mencakup penambahan lima halaman baru dalam pengajuan, dengan informasi baru yang disajikan di seluruh dokumen.

Balchunas mencatat bahwa “tidak ada umpan balik yang baru atau tidak dapat ditangani.” Salah satu modifikasi penting adalah ARK mencatat bahwa perhitungan nilai aset bersih (NAV) dana tidak sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang Diterima Umum (GAAP) — standar akuntansi yang digunakan oleh SEC.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Pertama Uni Eropa Resmi Diluncurkan di Bursa Amsterdam!

Indikasi Positif untuk Persetujuan di Masa Depan

indikasi positif bitcoin etf
Sumber: Akun X Scott Johnson

James Seyffart, analis ETF lainnya dari Bloomberg, menambahkan bahwa modifikasi terakhir ini menunjukkan bahwa ARK dan pihak lainnya sedang berdiskusi dengan SEC tentang apa yang diharapkan regulator untuk dijelaskan. “Ini adalah indikasi positif untuk persetujuan di masa mendatang menurut saya,” tambahnya.

Scott Johnsson, mitra umum Van Buren Capital, mencatat bahwa penambahan baru lainnya adalah komentar bahwa jika Bitcoin semakin digunakan untuk tujuan ilegal dan jika dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin menyebabkan pembatasannya, maka nilai ETF bisa turun.

Namun, berdasarkan modifikasi yang dibuat ARK, Johnsson menyatakan bahwa “sepertinya agensi tersebut tidak menempatkan hambatan yang tidak perlu melalui tinjauan pengungkapan.”

Baca Juga: Prediksi Persetujuan ETF Bitcoin Spot Pertama oleh SEC, Bakal Terjadi pada Oktober – Maret 2024?

Apakah ETF Bitcoin Akan Mendapatkan Persetujuan?

Meskipun modifikasi ini menunjukkan kemajuan yang positif, ini tidak berarti persetujuan ETF Bitcoin akan segera diberikan. Proses regulasi mungkin membutuhkan waktu dan SEC mungkin akan terlibat dalam diskusi lebih lanjut tentang detail tertentu. Namun, ini adalah langkah maju yang signifikan dalam arah yang benar dan bisa menjadi indikasi positif bagi masa depan ETF crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: