Susul El Salvador, Senator Arizona Rilis RUU Bitcoin Legal Tender!

Susul El Salvador, Senator Arizona Rilis RUU Bitcoin Legal Tender!

Seorang senator di negara bagian Arizona AS berupaya membuat Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Senator tersebut mengatakan bahwa:

“Uang digital terpusat yang dikendalikan oleh bank sentral adalah sebuah sistem perbudakan. Bitcoin terdesentralisasi adalah kebebasan”.

Siapakah sosok senator tersebut dan apa yang membuatnya yakin Bitcoin merupakan solusi keuangan yang lebih baik dibandingkan sistem keuangan tradisional? Simak informasinya seperti dilansir laman the Bit Times berikut ini.

Senator Negara Bagian Arizona Wendy Rogers telah memperkenalkan legal tender Bitcoin di negara bagiannya. RUU mengenai legal tender Bitcoin tersebut disponsori bersama rekan senat negara bagiannya dari Partai Republik Jeff Weninger dan J.D. Mesnard.

Baca Juga: Setelah Rancang UU Khusus Crypto, El Salvador Buat Kantor Bitcoin di Negaranya!

Undang-undang tersebut mendefinisikan cryptocurrency sebagai “mata uang digital peer-to-peer yang terdesentralisasi di mana catatan transaksi dipertahankan pada blockchain Bitcoin dan unit mata uang baru dihasilkan oleh solusi komputasi masalah matematika yang beroperasi secara independen dari pusat bank.”

Arizona Mengikuti Jejak El Salvador dalam Upaya Adopsi Bitcoin

Arizona Mengikuti Jejak El Salvador dalam Upaya Adopsi Bitcoin
CryptoPotato

Langkah yang diambil Arizona ini bisa dibilang mengikuti langkah yang pernah dilalui oleh El Salvador. Pada September 2021, El Salvador menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS. Sejak itu, negara yang dipimpin oleh presiden pro-Bitcoin Nayib Bukele, telah membeli ribuan BTC untuk perbendaharaannya.

Pada November 2022 lalu, Bukele mengumumkan bahwa El Salvador membeli Bitcoin setiap hari. Selain itu, pada bulan November 2022, El Salvador mengumumkan bahwa mereka sedang merancang UU khusus crypto yang disebut Digital Assets Issuance Law. Baru-baru ini, negara tersebut telah resmi mengesahkannya.

UU khusus crypto tersebut menyediakan kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin, yang dikenal sebagai “Volcano Bond”, yang mana akan digunakan untuk membayar hutang negara dan mendanai pembangunan “Kota Bitcoin” yang diusulkan.

Bagaimana mekanisme pembayaran hutang negara menggunakan aset Bitcoin dilakukan? Simak informasi selengkapnya mengenai El Salvador Pakai Bitcoin Untuk Bayar Hutang Negara di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: