Argentina Pecahkan Rekor dengan Kesepakatan Sewa Berbasis Bitcoin Pertama!

Argentina Pecahkan Rekor dengan Kesepakatan Sewa Berbasis Bitcoin Pertama!

Argentina baru-baru ini mencatat sejarah dengan mendaftarkan salah satu kesepakatan sewa pertama yang menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi. Langkah inovatif ini diambil setelah Presiden Javier Milei mengeluarkan perintah eksekutif darurat yang memungkinkan transaksi dengan menggunakan mata uang digital.

Kesepakatan yang terjadi di Kota Rosario ini menandai era baru dalam transaksi keuangan di Argentina.

Transaksi Sewa Unik dengan Bitcoin

Kesepakatan sewa yang baru saja terjadi di Argentina ini bukanlah transaksi biasa. Penyewa diwajibkan untuk membayar sewa bulanan dengan nilai setara $100 USDT dalam bentuk Bitcoin. Untuk menentukan harga Bitcoin pada transaksi ini, pihak Fiwind, sebuah bursa crypto nasional, ditunjuk sebagai acuan.

Penyewa harus melakukan pembayaran ke alamat yang diberikan oleh pemilik properti dalam lima hari pertama setiap bulannya. Kesepakatan ini tidak hanya menandai penggunaan Bitcoin dalam transaksi real estat, tetapi juga menunjukkan langkah maju Argentina dalam mengadopsi teknologi keuangan baru.

Baca Juga: Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Menurut Diana Mondino, Menteri Luar Negeri Argentina, perintah eksekutif yang dikeluarkan Presiden Milei memungkinkan kontrak sewa untuk diselesaikan dengan Bitcoin, crypto lainnya, atau aset alternatif.

Perintah Eksekutif dan Tantangan Hukum

bitcoin and argentina
Sumber: Watcher Guru

Perintah eksekutif yang menjadi katalisator bagi transaksi revolusioner ini saat ini sedang dalam pengawasan pengadilan negara tersebut. Beberapa bagian dari perintah tersebut telah ditangguhkan sementara menunggu keputusan final tentang legalitasnya.

Perintah ini juga berisiko ditangguhkan jika ditolak oleh kedua kamar Kongres. Namun, selama masa evaluasi ini, penyewa dan pemilik properti secara hukum diizinkan untuk melakukan kontrak sewa yang dinominasikan dalam Bitcoin.

Implikasi Global dan Tren Masa Depan

Langkah Argentina menuju transaksi Bitcoin ini tidak hanya menunjukkan kemajuan teknologi, tetapi juga merupakan respons terhadap tantangan ekonomi yang dihadapi negara tersebut.

Penggunaan mata uang digital terdesentralisasi ini memungkinkan pihak-pihak dalam kesepakatan sewa untuk menghindari volatilitas dan depresiasi mata uang fiat nasional. Keputusan ini menarik perhatian dunia dan dapat memicu tren di mana negara-negara dengan ketidakpastian ekonomi beralih ke crypto untuk stabilitas dalam transaksi real estat.

Paragraf Penutup

Kesepakatan sewa yang diatur dalam Bitcoin di Argentina ini merupakan bukti keterbukaan negara tersebut terhadap kemajuan teknologi dan kesiapannya untuk mencari solusi tidak konvensional di tengah tantangan ekonomi.

Hasil dari tinjauan hukum yang sedang berlangsung akan sangat menentukan masa depan adopsi mata uang digital dalam transaksi real estat, tidak hanya di Argentina tetapi juga di seluruh dunia.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi