Argentina Bakal Luncurkan Mata Uang Digital, Kamu Siap?

Argentina Bakal Luncurkan Mata Uang Digital, Kamu Siap?

Bank Sentral Republik Argentina bergerak cepat untuk mewujudkan mata uang digital atau crypto yang dikenal sebagai “peso digital”. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk menstabilkan ekonomi negara yang sedang berjuang melawan inflasi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bank Sentral Argentina Mempercepat Kerja Legislatif

Bank Sentral Argentina telah mempercepat kerja legislatif untuk implementasi mata uang digital sentral (CBDC) di negara tersebut. Direktur Bank Sentral Argentina, Juan Agustín D’Attellis Noguera, mengungkapkan bahwa bank sentral sedang mengerjakan kerangka hukum untuk proyek peso digital CBDC yang baru-baru ini diusulkan oleh Menteri Ekonomi dan calon presiden, Sergio Massa.

Menurut Noguera, proyek tersebut akan segera dipresentasikan dan diperkenalkan ke Kongres Nasional Argentina. Noguera memuji pendekatan Massa terhadap CBDC dan secara tidak langsung mengkritik posisi calon presiden lainnya, pendukung Bitcoin Javier Milei, yang telah secara terbuka mengumumkan “dolarisasi” ekonomi Argentina.

Baca Juga: Tecpetrol Memanfaatkan Gas Terkait untuk Mining Crypto di Argentina: Apa Dampaknya bagi Ekonomi?

Peso Digital, Solusi Inflasi Argentina?

peso digital atasi inflasi
Sumber: Freepik Premium License

Noguera telah beberapa kali membela ide CBDC. Pada awal Oktober, dia mengungkapkan keyakinannya bahwa peso digital dapat membantu menstabilkan ekonomi Argentina secepatnya pada tahun 2024. Menurut pejabat tersebut, fitur kunci dari CBDC adalah kemampuannya untuk dilacak, yang akan memungkinkan pemerintah untuk mengumpulkan pajak.

Pada 2 Oktober, Massa berkomitmen untuk memperkenalkan peso digital jika dia menang dalam pemilihan, dengan tujuan untuk mengatasi masalah inflasi yang berkelanjutan di Argentina. Berdasarkan jajak pendapat pemilihan terbaru, Massa sedikit tertinggal dari Javier Milei, yang menganjurkan adopsi dolar Amerika Serikat sebagai mata uang resmi Argentina sambil menentang peran bank sentral dalam ekonomi.

Baca Juga: Laporin Kepemilikan Crypto Bisa Dapet Diskon Pajak? Cuma Ada di Argentina!

Peran Mata Uang Digital dalam Pemilihan Presiden

Pemilihan presiden Argentina tampaknya akan dipengaruhi oleh perdebatan tentang mata uang digital dan peran bank sentral. Sergio Massa, yang berjanji untuk memperkenalkan peso digital jika terpilih, sedikit tertinggal dalam jajak pendapat dari Javier Milei, yang menentang peran bank sentral dan menganjurkan adopsi dolar AS sebagai mata uang resmi.

Dengan Argentina bergerak cepat untuk menerapkan mata uang digital, pertanyaannya adalah apakah kamu siap untuk perubahan ini? Mata uang digital, seperti peso digital, dapat membawa perubahan besar dalam cara kita bertransaksi dan berinteraksi dengan ekonomi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: