Langkah Baru Argentina: Wajibkan Registrasi Bursa Crypto dalam Upaya Regulasi!

author:

Langkah Baru Argentina: Wajibkan Registrasi Bursa Crypto dalam Upaya Regulasi!

Jakarta, Pintu News – Argentina baru-baru ini mengambil langkah besar dalam regulasi crypto dengan memperkenalkan kebijakan wajib registrasi untuk semua platform crypto.

Kebijakan ini datang sebagai bagian dari upaya negara untuk memperkuat kerangka regulasi di tengah penerimaan mata uang digital yang semakin meningkat.

Era Baru Regulasi Crypto di Argentina

Dengan pemerintahan baru di bawah Presiden Javier Milei, yang dikenal dengan pandangan anarko-kapitalis dan libertarian, banyak yang berharap akan adanya dukungan terhadap adopsi Bitcoin dan mata uang kripto lainnya di Argentina.

Baca juga: Alami Krisis Mata Uang, Warga Argentina Lebih Memilih Investasi Bitcoin!

Namun, beberapa bulan setelah Milei menjabat, Argentina mengumumkan kebijakan baru yang mengharuskan semua penyedia layanan aset virtual untuk mendaftar dalam registri yang baru dibuat.

Kebijakan ini, yang disetujui oleh senat Argentina pada 14 Maret, bertujuan untuk mematuhi rekomendasi dari Financial Action Task Force. Kebijakan ini akan mempengaruhi berbagai bisnis yang menyediakan layanan seperti pembelian, penjualan, pengiriman, penerimaan, peminjaman, atau perdagangan mata uang kripto.

Registrasi Wajib untuk Semua Platform

Setiap penyedia layanan diharuskan untuk menyelesaikan registrasi, dan regulasi ini tidak hanya berlaku untuk perusahaan yang berbasis di Argentina tetapi juga untuk mereka yang beroperasi di pasar Argentina dari luar negeri.

Presiden CNV, Roberto E. Silva, menegaskan bahwa mereka yang tidak terdaftar tidak akan dapat beroperasi di negara tersebut.

Pengumuman ini diikuti oleh pertemuan antara pengawas sekuritas dengan firma hukum utama negara dan kamar Fintech, dengan beberapa perwakilan perusahaan lokal turut serta.

Langkah ini menandai perubahan signifikan dalam pendekatan regulasi Argentina terhadap mata uang kripto.

Baca juga: OKX dan Binance Hadapi Masalah di Argentina dan Korea Selatan, Bagaimana dengan Indonesia?

Tanggapan dari Komunitas Crypto

Langkah ini mendapat tanggapan beragam dari komunitas crypto. Beberapa melihat ini sebagai langkah yang tidak perlu yang hanya akan menguntungkan birokrat negara dan industri ‘compliance’ yang tidak berguna.

Namun, ada juga yang melihat ini sebagai upaya untuk memenuhi tuntutan institusi internasional tanpa langsung mempengaruhi pengguna dalam jangka pendek.

Argentina, yang menurut Indeks Adopsi Crypto Global Chainalysis berada di peringkat ke-15 pasar mata uang kripto terbesar di dunia, masih harus menemukan apa yang akan terjadi selanjutnya di pasar Argentina.

Meski begitu, pengguna dapat tetap tenang karena regulasi baru ini tidak akan langsung mempengaruhi mereka.

Dengan kebijakan registrasi wajib ini, Argentina menegaskan posisinya dalam mengatur ekosistem crypto untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan teratur bagi investor dan pengguna.

Langkah ini menandai babak baru dalam evolusi pasar crypto di Argentina, yang mungkin akan diikuti oleh negara-negara lain dalam upaya serupa.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Watcher Guru