Terobosan Baru Argentina: Regulasi Pajak Ramah untuk Aset Crypto

Terobosan Baru Argentina: Regulasi Pajak Ramah untuk Aset Crypto

Argentina mengambil langkah besar dalam dunia mata uang digital dengan pengumuman dari Presiden Javier Miley. Beliau mengusulkan kerangka pajak yang mendukung pertumbuhan aset crypto, sebuah langkah yang dianggap akan mengubah peta ekonomi digital negara tersebut.

Regulasi Baru untuk Aset Crypto

Presiden Javier Miley telah memperkenalkan rancangan undang-undang yang menawarkan kerangka kerja transparan dan insentif bagi pemilik aset crypto. Rancangan ini mencakup berbagai jenis aset digital, tanpa memandang siapa penerbitnya, pemiliknya, serta lokasi penyimpanannya.

Baca Juga: Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Dalam rancangan tersebut, aset crypto yang dideklarasikan sebelum tanggal 31 Maret akan dikenakan tarif pajak sebesar 5%. Tarif ini akan meningkat menjadi 10% mulai April hingga Juni 2024, dan selanjutnya menjadi 15% dari Juli hingga September tahun yang sama. Langkah ini diharapkan dapat mendorong penggunaan aset digital yang bertanggung jawab di Argentina.

Reformasi Ekonomi dan Politik

argentina adopsi bitcoin
The Crypto Times

Selain regulasi crypto, Presiden Miley juga mengusulkan perubahan dalam berbagai sektor ekonomi. Beliau mengadvokasi pencabutan undang-undang yang mengatur tentang sewa-menyewa perumahan dan pasokan barang ke toko-toko.

Lebih lanjut, Presiden Miley mengusulkan penghapusan batasan ekspor dan pembubaran unit kontrol harga dari Kementerian Ekonomi. Meskipun strategi ini bertujuan untuk menyederhanakan regulasi, ada kritik dari pihak oposisi yang mempertanyakan legalitas pencabutan beberapa regulasi hanya dengan satu dekrit.

Presiden dan Bitcoin

Presiden Miley telah menunjukkan dukungannya terhadap Bitcoin, bahkan sebelum terpilih sebagai presiden. Beliau dikenal karena pandangannya yang kritis terhadap bank sentral Argentina, menyebutnya sebagai penipuan dan mengkritiknya sebagai “mekanisme di mana politisi menipu publik dengan pajak inflasi”.

Meskipun mendukung crypto, Miley belum menyarankan adopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di Argentina, seperti yang dilakukan El Salvador. Sebaliknya, beliau mendorong dollarisasi ekonomi Argentina sebagai solusi untuk mengatasi masalah inflasi yang berkepanjangan di negara tersebut.

Paragraf Penutup

Inisiatif Presiden Miley ini diharapkan dapat membawa angin segar bagi ekonomi digital Argentina. Dengan regulasi yang lebih ramah, Argentina berpotensi menjadi pusat pertumbuhan aset crypto di Amerika Latin.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi