Perketat Pengawasan Pasar, Argentina Luncurkan Registrasi Nasional untuk Pertukaran Kripto

author:

Array

Perketat Pengawasan Pasar, Argentina Luncurkan Registrasi Nasional untuk Pertukaran Kripto

Jakarta, Pintu News – Argentina telah mengambil langkah signifikan untuk meningkatkan integritas pasar kripto dengan meluncurkan registri nasional untuk pertukaran kripto.

Komisi Sekuritas Nasional Argentina (CNV) telah meluncurkan Registri Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP) setelah menerima hampir seratus aplikasi dari entitas dan individu hukum.

Langkah Baru Argentina untuk Integritas Pasar Kripto

Menurut pengumuman pemerintah, registri ini akan menerima aplikasi baru dari semua yang tertarik menawarkan layanan perdagangan kripto.

Baca juga: Mandala Chain Siap Revolusionerkan Identitas Digital di Indonesia!

Namun, para pemohon harus menunggu konfirmasi pendaftaran sebelum memulai operasi mereka.

Lebih lanjut, entitas yang telah memenuhi persyaratan untuk mengajukan permintaan pendaftaran akan diizinkan untuk melanjutkan operasi mereka di Argentina, sementara entitas yang tidak mematuhi akan dilarang melakukan kegiatan sampai mereka terdaftar.

Reaksi Komunitas Kripto Lokal

Ketua CNV, Roberto E. Silva, menyatakan bahwa negara tersebut “bekerja melawan waktu untuk memajukan upaya kepatuhan” yang bertujuan untuk mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Namun, meskipun pemerintah Argentina sedang melakukan pendekatan regulasi, komunitas kripto lokal menyatakan kekhawatirannya.

Dalam sebuah wawancara terbaru dengan Forbes, anggota NGO Argentina, Manuel Ferrari, menyebut registri nasional ini sebagai “ide yang buruk”. Dia juga berpendapat bahwa Bitcoin adalah uang, bukan sekuritas.

Max Keiser, seorang Bitcoin maksimalis, juga mengkritik Presiden Argentina Javier Milei atas pengenalan regulasi Bitcoin. Dia menyebutnya sebagai langkah yang salah dan menambahkan bahwa kurangnya pemahaman Milei tentang Bitcoin pada akhirnya akan menyebabkan konsekuensi negatif.

Lebih lanjut, Keiser menyatakan bahwa sebelumnya dia membayar kontraktor di Argentina menggunakan Bitcoin melalui Jaringan Lightning. Namun, sejak pemerintahan baru menjabat, aplikasi kustodian telah berhenti mengizinkan transfer BTC, menunjukkan langkah menjauh dari kebebasan di ruang cryptocurrency.

Baca juga: Fidelity Sarankan Investor Alokasikan Sebagian Portofolio ke Bitcoin, Kenapa?

Tujuan dan Dampak Registrasi Nasional

daya tarik bitcoin di argentina
Sumber: BeInCrypto

Di sisi lain, pemain kripto lainnya berencana untuk memperluas operasi mereka ke Argentina, dengan Charles Hoskinson dari Cardano menjadi salah satunya. Orang Argentina semakin beralih ke Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sebagai perlindungan finansial, yang mengakibatkan lonjakan transaksi yang sah dan aktivitas penipuan.

Akibatnya, regulasi CNV bertujuan untuk mengurangi risiko ini sambil mendorong inovasi di ruang kripto.

Regulasi ini diperkenalkan pertama kali pada akhir Maret, yang mewajibkan registrasi untuk sektor kripto di Argentina. Sampai saat ini, entitas hukum telah mengajukan hampir 85 permintaan, dan 35 di antaranya telah berhasil terdaftar, termasuk empat platform asing.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan keamanan di pasar kripto Argentina, sehingga menarik lebih banyak investor dan pengguna yang sah.

Kesimpulan

Peluncuran registri nasional untuk pertukaran kripto oleh Argentina menunjukkan komitmen negara tersebut dalam meningkatkan integritas pasar dan mencegah aktivitas ilegal.

Meskipun ada kekhawatiran dari komunitas kripto lokal, langkah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan transparan untuk perdagangan kripto.

Dengan demikian, Argentina dapat terus berkembang sebagai salah satu pasar kripto yang paling dinamis dan inovatif di dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array