Revolusi Pembayaran di Argentina: Bitcoin Kini Legal untuk Penyelesaian Kontrak!

Revolusi Pembayaran di Argentina: Bitcoin Kini Legal untuk Penyelesaian Kontrak!

Argentina baru saja mengambil langkah besar dalam dunia keuangan digital dengan mengesahkan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah untuk penyelesaian kontrak. Keputusan ini datang di tengah-tengah krisis ekonomi yang melanda negara tersebut, dengan inflasi yang mencapai angka mencengangkan.

Perubahan Radikal Kebijakan Ekonomi

Diana Mondino, Menteri Luar Negeri Argentina, mengumumkan bahwa sebuah dekrit yang memungkinkan penggunaan mata uang selain peso Argentina untuk penyelesaian kontrak juga mencakup Bitcoin.

Dekrit yang diberi nama “Dasar-dasar untuk Rekonstruksi Ekonomi Argentina” ini tidak secara eksplisit menyebutkan crypto, namun memberikan ruang bagi debitor untuk membayar dengan mata uang yang tidak diakui sebagai alat pembayaran sah di Argentina.

Baca Juga: Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Dalam sebuah unggahan di X pada tanggal 21 Desember, Mondino menegaskan bahwa kontrak di Argentina kini dapat diselesaikan dengan Bitcoin dan crypto lainnya.

Selain itu, dekrit tersebut juga memungkinkan pembayaran dengan barang-barang seperti liter susu atau sapi. Hal ini menunjukkan fleksibilitas yang diberikan oleh pemerintah dalam transaksi ekonomi, yang tidak hanya terbatas pada mata uang asing namun juga crypto.

Langkah Progresif Presiden Javier Milei

javier milei bitcoin

Javier Milei, Presiden Argentina yang baru terpilih, dikenal sebagai pendukung Bitcoin dan telah mengambil langkah-langkah awal yang menunjukkan dukungannya terhadap adopsi crypto. Milei, yang menang melawan mantan menteri keuangan Sergio Massa, dianggap sebagai angin segar bagi komunitas crypto di Argentina.

Kemenangannya di tengah inflasi yang tinggi dianggap sebagai sinyal positif bagi masa depan Bitcoin di negara tersebut. Milei telah menyatakan Bitcoin sebagai gerakan menuju “pengembalian uang ke penciptanya asli, sektor swasta.”

Sejak menjabat, ia belum secara terbuka berbicara tentang aset digital, namun kebijakan awalnya yang memasukkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah menunjukkan komitmennya terhadap perubahan ekonomi yang berbasis digital.

Implikasi Besar bagi Ekonomi Argentina

Keputusan untuk mengizinkan Bitcoin dalam penyelesaian kontrak menunjukkan langkah besar bagi ekonomi Argentina. Dengan inflasi yang melampaui 140%, rakyat Argentina mencari arah baru dan tampaknya telah menemukannya dalam kepemimpinan Milei.

Kenaikan hampir 3% pada nilai Bitcoin setelah pemilihan presiden menunjukkan optimisme pasar terhadap kebijakan baru ini. Presiden Milei telah menunjukkan pandangan bahwa Bitcoin dapat menjadi perubahan permainan bagi ekonomi Argentina.

Dengan Bitcoin menjadi fokus politiknya, ia menentang Bank Sentral dan lembaga keuangan tradisional. Kehadiran Bitcoin dalam keputusan awalnya mungkin menjadi petunjuk bagi apa yang akan terjadi selama masa jabatannya.

Paragraf Penutup

Langkah berani Argentina dalam mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah untuk penyelesaian kontrak menandai babak baru dalam sejarah ekonomi negara tersebut. Ini bukan hanya tentang diversifikasi metode pembayaran, tetapi juga tentang memberikan kebebasan kepada warganya untuk memilih alat tukar yang mereka percayai di tengah ketidakstabilan ekonomi.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi