Laporin Kepemilikan Crypto Bisa Dapet Diskon Pajak? Cuma Ada di Argentina!

Laporin Kepemilikan Crypto Bisa Dapet Diskon Pajak? Cuma Ada di Argentina!

Warga Argentina kini didorong pemerintah untuk mengungkapkan kepemilikan crypto mereka melalui insentif pajak. Kementerian Ekonomi Argentina telah memperkenalkan undang-undang crypto baru yang ditujukan untuk mengatasi pencucian uang.

Oleh karena itu, pemerintah setempat mendorong warganya untuk mengungkapkan kepemilikan crypto mereka dengan memberi mereka insentif penurunan tarif pajak. Bagaimana isi rancangan undang-undang crypto di Argentina tersebut? Simak informasinya seperti dilansir laman Crypto Daily berikut ini.

Laporkan Kepemilikan Crypto Cuma Perlu Bayar Pajak 2,5%!

Laporkan Kepemilikan Crypto Cuma Perlu Bayar Pajak 2,5%!
Cointelegraph

Rancangan undang-undang bernama “Externalization of Argentine Savings” ditujukan untuk memerangi pencucian uang dan diperkenalkan oleh menteri ekonomi Sergio Massa. RUU tersebut mencakup persyaratan bahwa pemegang cryptocurrency membuat surat pernyataan yang mengidentifikasi kepemilikan crypto mereka kepada pemerintah Argentina.

Baca Juga: Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Mereka yang menyatakan kepemilikan crypto mereka akan mendapat manfaat berupa keringanan pajak. Menurut rancangan undang-undang tersebut, mereka yang secara sukarela mengumumkan kepemilikan crypto mereka dalam waktu 90 hari sejak undang-undang tersebut rilis hanya perlu membayar pajak 2,5% atas capital gain dari kepemilikan crypto mereka.

Pelaporan Kepemilikan Crypto Ditunda-tunda? Diskon Pajak Bisa Tak Berlaku!

Tarif pajak ini kemudian akan meningkat secara bertahap setiap 90 hari hingga mencapai 15%, yang merupakan tarif pajak keuntungan modal standar Argentina.

RUU tersebut selanjutnya mendorong warga Argentina untuk mengumumkan kepemilikan aset keuangan apapun yang tunduk pada keuntungan modal termasuk mata uang fiat, saham, obligasi, dan real estate.

Selain mendukung industri crypto melalui rancangan undang-undang, Argentina juga dikenal mendukung perkembangan web3 dan Metaverse. Salah satu contohnya adalah Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) yang umumkan kolaborasi terbaru dengan startup Metaverse Upland.

Mengutip dari Coinspeaker, kesepakatan kolaborasi antara AFA dengan Upland menandakan langkah pertama AFA ke dunia Web 3.0 karena ingin meningkatkan pengalaman dan keterlibatan para penggemar. Ingin tahu seperti apa kolaborasi AFA dengan Upland Metaverse? Simak berita selengkapnya mengenai Tim Argentina Fokus ke Metaverse dan Web3 di sini.

Referensi: