Argentina Buka Peluang Legalisasi Aset Crypto Tanpa Tambahan Dokumen!

Argentina Buka Peluang Legalisasi Aset Crypto Tanpa Tambahan Dokumen!

Argentina membuka peluang emas bagi para pemilik aset crypto yang belum dideklarasikan. Dengan kebijakan baru yang diperkenalkan oleh pemerintahan Javier Milei, kamu kini memiliki kesempatan untuk melegalkan aset crypto tanpa perlu khawatir akan dokumen tambahan. Inilah saatnya untuk mengambil langkah tanpa rasa takut akan sanksi pajak.

Kebijakan Baru untuk Aset Crypto

Pemerintahan Argentina yang baru di bawah Javier Milei, seorang libertarian, telah mengumumkan rencana untuk mempermudah proses legalisasi aset crypto. Rencana ini termuat dalam rancangan undang-undang yang disebut “Law of Bases and Starting Points for the Freedom of Argentines” yang diajukan ke Kongres Argentina pada 27 Desember.

Rancangan undang-undang ini mencakup berbagai reformasi termasuk di bidang pajak, tenaga kerja, kriminalitas, energi, dan pemilu. Dalam dokumen tersebut, terdapat bagian khusus yang membahas tentang skema regularisasi aset, yang memungkinkan wajib pajak untuk melegalkan aset tertentu. Kamu tidak perlu menyediakan dokumen tambahan mengenai asal-usul aset tersebut.

Baca Juga: Stablecoin, Mata Uang Digital yang Menyelamatkan Argentina dari Krisis Ekonomi

Skema Regularisasi dan Tarif Pajak

ruu crypto argentina
The images created by OpenAI

Skema regularisasi aset ini menawarkan tarif pajak tetap yang harus dibayar berdasarkan waktu deklarasi aset. Jika kamu mendeklarasikan aset crypto sebelum akhir Maret 2024, tarif pajak yang berlaku hanya 5%. Tarif akan meningkat menjadi 10% mulai April hingga Juni 2024, dan menjadi 15% mulai Juli hingga September 2024.

Kebijakan ini muncul di tengah inflasi yang meningkat di Argentina. Milei, yang kini menjabat sebagai presiden, sebelumnya pernah menyebut Bitcoin sebagai gerakan menuju “pengembalian uang ke penciptanya asli, sektor swasta”. Sejak menjabat, Milei belum berbicara secara terbuka tentang aset digital.

Baca Juga: Revolusi Pembayaran di Argentina: Bitcoin Kini Legal untuk Penyelesaian Kontrak!

Langkah Strategis di Tengah Inflasi

Langkah ini diambil Milei di tengah kondisi ekonomi Argentina yang tertekan oleh inflasi. Kebijakan ini diharapkan dapat membantu warga Argentina untuk mengatasi masalah pajak atas aset crypto yang belum dideklarasikan. Selain itu, kebijakan ini juga mencerminkan pandangan Milei tentang pentingnya kembali ke sistem keuangan yang lebih terdesentralisasi.

Dengan adanya kebijakan ini, Argentina tampaknya menjadi salah satu negara yang mendukung penggunaan crypto sebagai bagian dari sistem ekonominya. Ini bisa menjadi langkah awal bagi negara lain untuk mengikuti jejak Argentina dalam mengintegrasikan crypto ke dalam sistem keuangan resmi.

Kesempatan ini mungkin tidak akan datang dua kali. Jika kamu memiliki aset crypto yang belum dideklarasikan di Argentina, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan skema regularisasi ini. Dengan tarif pajak yang relatif rendah dan proses yang disederhanakan, kamu bisa menghindari komplikasi di masa depan dan berkontribusi pada ekonomi negara.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: