Argentina Sambut Kontrak Berjangka Bitcoin Pertama, Guncang Pasar Finansial Amerika Latin!

Argentina Sambut Kontrak Berjangka Bitcoin Pertama, Guncang Pasar Finansial Amerika Latin!

Argentina dengan bangga menyambut kontrak berjangka Bitcoin pertamanya pada tanggal 13 Juli 2023, hanya 3 bulan setelah pengawas sekuritas negara tersebut, Comisión Nacional de Valores, menyetujui indeks yang mendasarinya sebagai bagian dari agenda inovasi strategis.

Argentina Luncurkan Kontrak Berjangka Bitcoin Pertama di Amerika Latin

Menurut Matba Rofex, platform perdagangan di belakang kendaraan investasi ini, ini adalah kontrak berjangka Bitcoin pertama di Amerika Latin.

Baca Juga: Bitcoin Menunjukkan ‘Permintaan Kuat’ Saat Pasar Crypto dalam ‘Fase Pemulihan’

Dalam kontrak berjangka, pembeli bertaruh pada harga masa depan suatu komoditas atau aset lainnya, seperti Bitcoin.

Di bawah kontrak ini, pembeli dan penjual diwajibkan untuk membeli dan menjual aset pada tanggal masa depan yang telah ditentukan.

Dampak Kontrak Berjangka Bitcoin pada Ekonomi Argentina

Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin

Kontrak berjangka Bitcoin ini akan didasarkan pada harga BTC yang dikutip oleh beberapa peserta pasar yang menyediakan pasangan perdagangan BTC/ARS.

Semua perdagangan akan diselesaikan dengan peso Argentina, dan pedagang diharuskan melakukan setoran melalui transfer bank.

Baca Juga: Lonjakan Harga BTC: Bitcoin Berkembang Pesat Dibanding Emas? Ini Analisis Lengkapnya!

Menurut laporan media lokal, produk ini awalnya hanya akan tersedia untuk investor institusional.

Belum ada jadwal yang jelas untuk kapan investor ritel dapat melakukan perdagangan kontrak berjangka Bitcoin di negara tersebut.

Kesimpulan

Masyarakat Argentina telah beralih ke Bitcoin untuk mengimbangi hiperinflasi di negara tersebut.

Tingkat inflasi tahunan Argentina melonjak 114% pada Mei 2023 dari lonjakan 108% pada April 2023, mencapai level tertinggi sejak 1991, menurut Trading Economics.

Dengan indeks berjangka, investor berkualifikasi dapat mendapatkan paparan BTC dalam lingkungan yang transparan dan diatur.

Kontrak berjangka Bitcoin lainnya segera tersedia di kawasan tersebut, karena regulator di Brasil sedang mengevaluasi kendaraan investasi serupa yang didukung oleh bursa saham lokal B3.

Selamat datang era baru Bitcoin di Amerika Latin!

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: