Argentina Berharap ke China untuk Selamatkan Peso: Apakah Yuan Jadi Penyelamat?

Argentina Berharap ke China untuk Selamatkan Peso: Apakah Yuan Jadi Penyelamat?

Laporan terbaru mengungkapkan bahwa Argentina sedang memohon kepada China untuk memperluas swap mata uang dalam yuan, di tengah penjualan besar-besaran peso.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya membangun cadangan bank sentral, mengingat inflasi negara tersebut saat ini mencapai lebih dari 100%.

Lalu seperti apakah tanggapan China? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman berikut ini.

Argentina Fokus PDKT dengan China, Ada Apa?

Menurut laporan Bloomberg, Menteri Ekonomi Argentina, Sergio Massa, akan melakukan kunjungan ke Beijing pada tanggal 29 Mei.

Pertemuan ini bertujuan untuk “memperbaharui dan menegosiasikan ulang” lini swap dengan China.

Baca Juga: Capek Bergantung Sama Dolar AS, Presiden Venezuela Dukung Crypto?

Namun, belum diketahui berapa besar ekspansi yang akan diajukan Massa. Argentina tampaknya berusaha meningkatkan kepemilikan yuan mereka melalui ekspansi perjanjian swap mata uang.

Tingkat Inflasi Argentina Melonjak 109% Per Tahun

Tingkat Inflasi Argentina Melonjak 109% Per Tahun
Worldcrunch

Worldcrunch

Upaya yang dilakukan Massa ini terjadi di tengah penjualan massal peso, dengan negara tersebut menghadapi inflasi lebih dari 100%.

Krisis inflasi negara ini telah mencapai tingkat yang kritis dalam beberapa minggu terakhir. Harga telah meningkat 109% per tahun, menurut laporan tersebut. Hal ini disebabkan oleh “kekurangan dolar yang parah.”

China memiliki peluang lain untuk terus memperluas penggunaan mata uang nasionalnya di tingkat global. Upaya ini telah membantu dalam kampanye de-dollarisasi yang dilakukan oleh blok ekonomi BRICS.

Selain China, Brasil pun perlahan mengurangi ketergantungan penggunaan dolar AS.

Menurut presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva, negara berkembang harus meninggalkan dolar AS dan memperkuat mata uang nasional mereka sendiri.

Apa yang membuat sang presiden begitu anti dengan dolar AS? Simak informasi selengkapnya mengenai Presiden Brasil Ajak Negara Berkembang Rame-rame Tinggalkan Dolar di sini.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: