Tren Baru di Dunia NFT: Arcade.xyz Sediakan Pinjaman dengan Jam Rolex Sebagai Jaminan!

author:

Tren Baru di Dunia NFT: Arcade.xyz Sediakan Pinjaman dengan Jam Rolex Sebagai Jaminan!

Hingga saat ini, teknologi blockchain telah mengubah banyak aspek dalam interaksi manusia. Baru-baru ini, Arcade.xyz, sebuah protokol DeFi untuk pinjaman NFT, telah mulai memfasilitasi pinjaman antara orang asing yang menggunakan jam mewah sebagai jaminan, dan menggunakan NFT untuk menjamin syarat-syarat pinjaman tersebut. Ketahui lebih lanjut, yuk!

Arcade.xyz Memperkenalkan Pinjaman dengan Jam Mewah Sebagai Jaminan

Arcade.xyz, protokol DeFi untuk pinjaman NFT, telah memulai fasilitasi pinjaman yang menggunakan jam mewah sebagai jaminan. Dalam beberapa minggu terakhir, pengguna Arcade telah meminjamkan tiga jam Rolex kepada pemberi pinjaman anonim dengan uang tunai, sebuah Daytona seharga $20.000 dengan APR 15%, GMT-Master II seharga $14.500 dengan APR 12%, dan Explorer seharga $20.000 dengan APR 12%.

Baca juga: Platform Pinjaman NFT Gondi Meluncur dengan Pendanaan Rp80 Miliar, Bagaimana Cara Kerjanya?

Pemilik Daytona dan Explorer juga meminjamkan jam Patek Philippe seharga $35.000 dengan APR 12%. Durasi pinjaman diketahui berkisar antara 56 hingga 90 hari.

Untuk memungkinkan perdagangan aset fisik berharga tinggi ini untuk uang tunai antara alamat online, ada rantai kepemilikan yang melibatkan pihak ketiga dan NFT. Peminjam mengirim jam mereka ke 4K, protokol escrow on-chain, dan menerima NFT yang mewakili kepemilikan jam mereka sebagai gantinya. Peminjam kemudian mencantumkan NFT tersebut di Arcade, menunggu penawaran pinjaman terbaik.

Setelah peminjam dan pemberi pinjaman cocok di Arcade, NFT yang mewakili jam dikirim ke dompet escrow. Satu-satunya cara untuk menerima jam kembali dari 4K adalah dengan membakar NFT. Pada akhir durasi pinjaman, jam akan dikembalikan ke peminjam setelah pinjaman dibayar, atau diserahkan ke pemberi pinjaman jika peminjam menghilang ke bayangan internet.

Dampak Pinjaman Berbasis NFT pada Pasar Global

gunakan nft sebagai rekrutmen
Sumber: Forbes

Proses pinjaman ini dapat dilakukan tanpa pihak mana pun mengetahui identitas pihak lain, manfaat yang dipercaya oleh kepemimpinan Arcade dapat sangat meningkatkan jumlah potensial peminjam dan pemberi pinjaman global yang mencari untuk memanfaatkan barang fisik.

Menurut sebuah dashboard Dune, Arcade telah memproses hampir $100 juta pinjaman berbasis NFT hingga saat ini. Platform terkemuka, Blend dari pasar NFT Blur, diluncurkan pada Mei dan dengan cepat mengambil alih pasar berkat insentif perdagangan, dengan lebih dari $1,3 miliar pinjaman NFT dalam hanya lebih dari dua bulan.

Gabe Frank, pendiri dan CEO Arcade, mengatakan bahwa Arcade telah menyelesaikan konsep pinjaman yang digadaikan terhadap real estate yang ditokenisasi, posisi utang, dan pakaian, seperti kemeja 9dcc on-chain yang dijual oleh pengusaha NFT gmoney.

Baca juga: Bored Apes Yacht Club Luncurkan Solusi Verifikasi IP On-Chain, Seperti Apa?

Menggabungkan Barang Fisik dengan Aset Digital

arcade.xyz gandeng 4k nft
Twitter

Lebih dari 30 jam seperti itu sekarang telah diwakili melalui NFT Ethereum oleh 4K, menurut daftar pasar OpenSea. Untuk menerima jam kembali dari 4K setelah pinjaman selesai, pengguna perlu membakar NFT jam mereka dan memberikan alamat pengiriman, bersama dengan identifikasi tambahan tergantung pada tingkat asuransi pengiriman, menurut pendiri 4K, Richard Li.

Peminjaman terhadap barang mewah fisik adalah variasi baru dalam fenomena pinjaman NFT, yang hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari $2,5 miliar pinjaman. Biasanya, pengguna mengambil pinjaman pada NFT berharga tinggi seperti CryptoPunks dan gambar profil Bored Ape Yacht Club (PFPs).

Pada akhirnya, dengan teknologi blockchain, dunia dapat berubah menjadi toko gadai raksasa. Arcade.xyz dan 4K berusaha menciptakan pasar global untuk pinjaman berbasis barang mewah fisik. Dengan memanfaatkan NFT sebagai jaminan, mereka membuka peluang baru untuk peminjam dan pemberi pinjaman di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: