Arbitrum Stylus: Revolusi Baru untuk Ethereum Virtual Machines!

Arbitrum Stylus: Revolusi Baru untuk Ethereum Virtual Machines!

Dalam dunia teknologi blockchain yang terus berkembang, Arbitrum Stylus muncul sebagai alat yang revolusioner.

Diperkenalkan oleh Offchain Labs, alat ini dianggap memiliki potensi untuk mengubah cara pengembangan di Ethereum Virtual Machines (EVM).

Apa Itu Arbitrum Stylus?

Apa Itu Arbitrum Stylus?

Twitter

Ed Felten, salah satu pendiri Offchain Labs, dalam wawancaranya selama Korea Blockchain Week, memuji Arbitrum Stylus yang baru saja dirilis pada 31 Agustus 2023.

Alat ini memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi Arbitrum menggunakan bahasa pemrograman seperti Rust, C, dan C++.

Felten menyatakan bahwa Stylus akan memungkinkan pengembang yang bukan asli dari Web3 untuk “menggunakan bahasa dan alat pengembangan yang mereka biasa gunakan.”

Baca Juga: Orbs Memanfaatkan Jembatan Satelit Axelar untuk Ekspansi ke Blockchain Arbitrum

Dengan kata lain, Stylus membuka peluang bagi lebih banyak pengembang untuk terlibat dalam pembuatan EVM dengan alat yang lebih matang.

Felten menekankan bahwa alat-alat yang lebih matang ini memungkinkan proses yang jauh lebih cepat, dengan kecepatan 10 hingga 15 kali lipat dari EVM biasa.

Manfaat Menggunakan Bahasa Pemrograman Legacy

Manfaat Menggunakan Bahasa Pemrograman Legacy

Twitter

Salah satu keunggulan besar dari Stylus adalah dukungannya terhadap bahasa pemrograman legacy seperti Rust.

Menurut Felten, banyak kode yang sudah ditulis dalam bahasa seperti Rust telah “diuji coba dan diaudit.”

Rust diidentifikasi oleh Felten sebagai bahasa yang dirancang untuk membantu menangkap kesalahan pengembangan dengan alat yang “sangat baik dalam mengurangi kemungkinan Anda memasukkan bug dalam kode Anda.”

Dengan kemampuan untuk menggunakan kode yang telah ada dan teruji, pengembang dapat membangun lebih sedikit dari awal dan memanfaatkan lebih baik apa yang telah dilakukan oleh orang lain.

Dampak pada Biaya Gas dan Kemungkinan Integrasi

Salah satu manfaat besar lainnya dari Stylus adalah biaya gas yang jauh lebih rendah. Felten menekankan bahwa biaya gas 10 hingga 15 kali lebih rendah, yang memungkinkan “hal-hal yang lebih kompleks dilakukan dalam transaksi yang sama.”

Hal ini juga membuka peluang untuk melakukan kriptografi yang kompatibel dengan iPhone. Felten menjelaskan bahwa iPhone menggunakan standar tanda tangan digital yang berbeda dari Ethereum, yang sebelumnya memiliki biaya gas yang sangat tinggi.

Baca Juga: Siap-siap! Circle akan Meluncurkan ‘Versi Resmi’ USDC di Jaringan Arbitrum

Namun, dengan Stylus, biaya ini dapat dikurangi sehingga menjadi sangat layak. Ini bisa membuka jalan untuk mengintegrasikan dompet crypto di iPhone, memungkinkan penggunaan FaceID untuk memverifikasi transaksi dompet mirip dengan pembelian kartu kredit.

Paragraf Penutup

Arbitrum Stylus menandai era baru dalam pengembangan blockchain. Dengan kemampuannya untuk mendukung bahasa pemrograman legacy dan mengurangi biaya gas, alat ini memiliki potensi untuk mempercepat pengembangan dan integrasi di EVM.

Referensi: