Solusi Skala Ethereum “Arbitrum Orbit” Siap Lakukan Peluncuran Mainnet!

author:

Solusi Skala Ethereum “Arbitrum Orbit” Siap Lakukan Peluncuran Mainnet!

Arbitrum Orbit, solusi skala Ethereum yang dikembangkan oleh Offchain Labs, telah resmi siap untuk peluncuran mainnet. Dengan ini, para pengembang dapat menciptakan rantai mereka sendiri yang akan menetap pada salah satu rantai layer-2 Arbitrum. Inilah kabar gembira bagi dunia crypto!

Arbitrum Orbit: Solusi Skala Ethereum yang Revolusioner

arbitrum orbit
Sumber: Inside Bitcoin

Arbitrum Orbit adalah salah satu solusi skala terbesar Ethereum dengan sekitar 470 aplikasi yang telah dikerahkan ke jaringannya dan total nilai terkunci (TVL) sebesar $2,73 miliar.

Baca juga: Celestia dan Arbitrum Orbit: Kolaborasi Baru yang Mengubah Lanskap Blockchain

Dengan Orbit, pengembang dapat menggunakan basis kode Arbitrum untuk membangun rantai yang disesuaikan. Steven Goldfeder, pendiri sekaligus CEO Offchain Labs, menjelaskan bahwa pengembang akan memiliki akses penuh ke tumpukan Arbitrum Nitro dan akan memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi privasi, izin, dan biaya pada rantai Arbitrum Orbit mereka.

Pengembang juga dapat menyesuaikan tumpukan mereka dan terhubung ke penyedia data yang berbeda, sambil tetap memiliki akses ke peralatan lain dari Arbitrum, seperti Stylus dan BoLD.

Dengan demikian, Arbitrum Orbit menawarkan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar bagi pengembang dalam menciptakan dan mengelola rantai mereka.

Arbitrum Orbit dan Dampaknya pada Biaya Pengguna

Salah satu keuntungan utama dari Arbitrum Orbit adalah penurunan biaya yang signifikan untuk pengguna. Goldfeder menjelaskan bahwa rantai yang ingin menetap di Ethereum harus membayar biaya overhead.

Namun, jika mereka melewati Arbitrum, data mereka masih akan melewati Ethereum, tetapi mereka berada di “bus Arbitrum” bersama dengan semua layer-3 lainnya. Dengan demikian, mereka akan berbagi overhead daripada membayarnya sendiri. Selain itu, Goldfeder juga mencatat bahwa blok di Arbitrum bersifat elastis. Artinya, jika ada 100 transaksi dalam satu detik, akan ada empat blok yang dibuat setiap detik.

Sementara itu, jika ada satu jam di mana tidak ada transaksi, tidak akan ada blok yang dibuat. Ini berarti biaya untuk mem-booting rantai di ekosistem Arbitrum rendah karena kamu tidak perlu membayar untuk blok kosong.

Baca juga: Dinamika Pasar Arbitrum: Dari DApps Populer hingga Interaksi dengan Bitcoin

Arbitrum Orbit dan Masa Depan Dunia Crypto

Peluncuran Arbitrum Orbit menandai tonggak penting dalam ekspansi teknologi Arbitrum. Dengan Orbit, pengembang dapat membangun rantai yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, sambil memanfaatkan teknologi Arbitrum yang canggih. Ini bukan hanya membuka peluang baru bagi pengembang, tetapi juga berpotensi mengubah cara kerja dunia crypto.

Secara keseluruhan, Arbitrum Orbit adalah langkah maju yang signifikan dalam dunia crypto. Dengan kemampuannya untuk menawarkan solusi skala yang efisien dan fleksibel, Orbit berpotensi mengubah cara kerja Ethereum dan dunia crypto secara umum.

Dengan demikian, Arbitrum Orbit bukan hanya membuka peluang baru bagi pengembang, tetapi juga membawa manfaat yang signifikan bagi pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: