Arbitrum Orbit Memperkenalkan Token ERC-20 untuk Biaya Transaksi!

author:

Arbitrum Orbit Memperkenalkan Token ERC-20 untuk Biaya Transaksi!

Arbitrum Orbit, platform yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan blockchain Layer-3 di atas jaringan Ethereum Layer-2, kini mendukung penggunaan token ERC-20 tertentu sebagai pembayaran biaya transaksi.

Inovasi ini diharapkan akan mengurangi hambatan bagi pengguna dan memacu adopsi crypto dalam skala yang lebih luas.

Arbitrum Orbit dan Token Gas Kustom

Arbitrum Orbit telah membuka jalan baru bagi para pengembang dengan fitur token gas kustom. Xai Gaming, sebagai contoh, akan langsung memanfaatkan fitur ini. Xai telah bekerja sama dengan Arbitrum sejak Juni tahun lalu untuk mengembangkan sebuah rantai Orbit dan menjadi tuan rumah bagi permainan web3 dari penerbit Ex Populus.

Baca juga: Arbitrum DAO Siapkan Dana Jumbo $23 Juta untuk Proyek Crypto Inovatif!

Tim Ex Populus, yang terdiri dari para profesional berpengalaman dari perusahaan-perusahaan game ternama seperti Pixar, Ubisoft, dan Activision Blizzard, melihat ini sebagai langkah maju.

Dengan adanya token gas kustom, protokol Xai dapat menanggung biaya gas atas nama pengguna melalui kontrak subsidi gas. Ini secara signifikan mengurangi hambatan bagi pengguna akhir, ujar Soban “Soby” Saqib, salah satu pendiri Ex Populus.

Keyakinan mereka adalah bahwa permainan web3 belum populer karena hambatan yang dirasakan oleh pengguna tradisional. Fitur ini juga akan segera dimanfaatkan oleh proyek blockchain lain seperti Caldera dan Celestia, menurut Arbitrum.

Pertumbuhan Ekosistem dan Orbit

Diluncurkan pada Maret 2023, Arbitrum Orbit bertujuan untuk menarik lebih banyak pengembang ke dalam ekosistem Arbitrum. Rantai Orbit dapat dibangun di atas Arbitrum One dan Arbitrum Nova, dua jaringan Layer 2 dari Arbitrum. Fitur token gas kustom ini hanya akan didukung pada rantai Orbit AnyTrust.

Baca juga: Harga Arbitrum (ARB) dan Optimism (OP) Tercatat Melonjak Hampir Menyentuh Rekor Tertinggi!

Arbitrum menyediakan teknologi rollup dan AnyTrust untuk pembangunan rantai Orbit.

“Arbitrum Nova adalah jenis rantai AnyTrust, tetapi tidak semua rantai yang menggunakan teknologi AnyTrust adalah Nova,” jelas Dennis.

Arbitrum One merupakan jaringan Ethereum Layer 2 terbesar, dengan total nilai yang terkunci dalam smart contract-nya saat ini berada di sekitar $2,5 miliar, berdasarkan data DeFiLlama.

Token asli Arbitrum, ARB, juga mencapai harga tertinggi sepanjang masa yaitu $2,04 kemarin dan saat ini diperdagangkan sekitar $1,88. Arbitrum baru-baru ini memberikan sekitar $40 juta dalam bentuk token ARB kepada 29 proyek untuk lebih mengembangkan ekosistemnya.

Secara keseluruhan, kemajuan Arbitrum Orbit dengan dukungan token ERC-20 sebagai biaya transaksi membuka peluang baru dalam dunia crypto. Dengan mengurangi hambatan bagi pengguna dan memperkaya ekosistemnya, Arbitrum menunjukkan komitmennya untuk memajukan teknologi blockchain dan memperluas penggunaannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: