Harga Arbitrum (ARB) dan Optimism (OP) Tercatat Melonjak Hampir Menyentuh Rekor Tertinggi!

author:

Harga Arbitrum (ARB) dan Optimism (OP) Tercatat Melonjak Hampir Menyentuh Rekor Tertinggi!

Tahun baru nampaknya membawa angin segar bagi pasar crypto, dengan Bitcoin yang menembus harga $45.000 untuk pertama kalinya sejak April 2022 pada 2 Januari 2024. Antusiasme investor terhadap kemungkinan persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat menjadi salah satu pemicunya.

Di tengah tren positif ini, dua token solusi Layer-2, Arbitrum (ARB) dan Optimism (OP), mencatatkan kenaikan harga yang signifikan, hampir menyentuh rekor tertinggi mereka.

Lonjakan Harga Token Layer-2

Token Arbitrum, yang baru-baru ini mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $1,83, menunjukkan peningkatan sebesar 13% hanya dalam sehari (2/1/24). Kenaikan harga ini mencerminkan lonjakan 60% dalam satu bulan terakhir. Saat penulisan, token tersebut diperdagangkan di harga $1,78 dengan kapitalisasi pasar sebesar $2,3 miliar.

Baca juga: Arbitrum DAO Siapkan Dana Jumbo $23 Juta untuk Proyek Crypto Inovatif!

Sementara itu, token OP, aset digital dari jaringan OP Mainnet yang sebelumnya dikenal sebagai Optimism, juga mencatatkan rekor harga tertinggi pada $4,10 minggu lalu. Token ini terus berada di sekitar puncak harga tersebut, dengan nilai perdagangan $4,05 yang tercatat saat jam perdagangan Asia. Pada pukul 8:50 pagi waktu ET, token OP diperdagangkan pada $3,87.

Optimistic Rollup Meningkatkan Transaksi

Optimism Siap Lakukan Pembaruan Bedrock

Arbitrum dan Optimism, sebagai dua solusi Layer-2 dengan adopsi tertinggi, menggunakan teknologi Optimistic rollup. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi di luar blockchain Ethereum utama, sehingga lebih hemat biaya. Token ARB dan OP sangat penting untuk tata kelola jaringan ini.

Dalam tiga bulan terakhir, kedua jaringan ini mengalami peningkatan volume transaksi yang signifikan. Mulai dari kuartal keempat tahun 2023, transaksi harian Arbitrum meningkat dari 670.000 menjadi 926.000, atau naik 38% menurut data dari The Block.

Sementara itu, OP Mainnet melihat pertumbuhan transaksi harian sebesar 20%, dari 354.000 menjadi 431.000.

Baca juga: Transformasi Ethereum 2024: 6 Peningkatan yang akan Mengubah Dunia Crypto!

Nilai Total Terkunci di Layer-2

arbitrum orbit
Sumber: Inside Bitcoin

Lebih lanjut, Arbitrum memegang rekor nilai total terkunci (TVL) tertinggi di antara semua solusi Layer 2, dengan $2,57 miliar. Optimistic rollup dengan TVL terbesar kedua, OP Mainnet, menyimpan aset lebih dari $937 juta. Peningkatan ini menunjukkan kepercayaan yang tumbuh dari komunitas crypto terhadap solusi Layer 2 sebagai alternatif yang efisien dan ekonomis.

Secara keseluruhan, kenaikan harga token Arbitrum dan Optimism menandakan era baru bagi solusi Layer-2 dalam ekosistem crypto. Dengan adopsi yang terus meningkat dan transaksi yang berkembang, kedua platform ini menunjukkan potensi besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: