Arbitrum One Pecahkan Rekor dengan TVL yang Mencapai $10 Miliar!

author:

Arbitrum One Pecahkan Rekor dengan TVL yang Mencapai $10 Miliar!

Dunia crypto baru saja menyaksikan sebuah fenomena yang menggemparkan pasar. Arbitrum One, platform Layer-2 yang terkenal dengan kecepatan dan skalabilitasnya, telah mencatatkan rekor baru dengan total nilai terkunci (TVL) yang mencapai angka fantastis, $10,18 miliar.

Pencapaian ini tidak hanya menandai tonggak sejarah bagi Arbitrum tetapi juga menunjukkan tren positif yang berpotensi mengubah peta kekuatan dalam ekosistem crypto.

Lonjakan TVL Arbitrum One

tvl arbitrum one
Sumber: L2Beat

Arbitrum One telah mencatatkan diri sebagai pemimpin dalam lanskap solusi Layer-2 dengan TVL yang mencengangkan. Menurut laporan Crypto News (3/1/23), dalam 24 jam terakhir, platform ini mengalami pertumbuhan sebesar 15%, mendorong TVL-nya ke puncak tertinggi yang pernah ada, yakni $10,18 miliar.

Baca juga: Harga Arbitrum (ARB) dan Optimism (OP) Tercatat Melonjak Hampir Menyentuh Rekor Tertinggi!

Pencapaian ini menempatkan Arbitrum jauh di depan pesaing terdekatnya, Optimism, yang TVL-nya tercatat sebesar $6,34 miliar, atau hampir 40% lebih rendah. Dengan pertumbuhan yang konsisten, Arbitrum tidak hanya memperkuat posisinya tetapi juga menarik perhatian investor dan pengembang dari seluruh dunia.

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa solusi skalabilitas yang ditawarkan oleh Arbitrum sangat efektif dalam menangani tantangan yang dihadapi oleh jaringan Ethereum saat ini.

Perbandingan dengan Protokol Lain

Sumber: L2Beat

Sementara Arbitrum mendominasi, protokol lain seperti Metis dan Base juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Metis, yang menempati posisi ketiga, sedang mengembangkan sistem bukti yang dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Base dan zkSync Era, yang masing-masing memiliki TVL sebesar $636 juta dan $569 juta, juga termasuk dalam lima besar protokol dengan TVL terbesar.

Keseluruhan TVL dari tiga blockchain teratas ini mencakup lebih dari 82% dari total TVL di seluruh jaringan Layer 2. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar dana yang terkunci dalam smart contracts berada di tangan beberapa pemain utama, yang menandakan konsentrasi kekuatan dan kepercayaan yang tinggi dari komunitas crypto.

Baca juga: Lonjakan Dahsyat MetisDAO: Kenaikan 350% dalam 15 Hari, Apa Rahasianya?

Implikasi bagi Industri Crypto

Pencapaian Arbitrum One bukan hanya tentang angka, tetapi juga tentang implikasi yang lebih luas bagi industri crypto. Dengan TVL yang terus meningkat, Arbitrum menunjukkan bahwa solusi Layer-2 memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekosistem Ethereum. Ini juga menandakan bahwa pasar crypto masih memiliki ruang yang besar untuk inovasi dan adopsi teknologi baru.

Peningkatan TVL ini juga dapat memicu lebih banyak pengembangan dan investasi dalam proyek-proyek crypto, seiring dengan meningkatnya kepercayaan dari para investor. Dengan demikian, Arbitrum One dan protokol Layer 2 lainnya mungkin akan menjadi kunci utama dalam evolusi berikutnya dari dunia crypto.

Secara keseluruhan, rekor baru yang ditetapkan oleh Arbitrum One bukan hanya sebuah angka, tetapi sebuah simbol dari kemajuan yang terus menerus dalam dunia crypto. Dengan TVL yang mencapai $10 miliar, Arbitrum tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar tetapi juga membuka jalan bagi inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: