Arbitrum Luncurkan Program Insentif Jumbo, Siapkan $90 Juta untuk Pengembang!

author:

Arbitrum Luncurkan Program Insentif Jumbo, Siapkan $90 Juta untuk Pengembang!

Arbitrum, solusi skalabilitas Ethereum, baru-baru ini mengumumkan rencana ambisius untuk mendistribusikan insentif senilai hampir $90 juta. Program ini dirancang untuk memacu pertumbuhan dan pengembangan di jaringan layer-2 yang inovatif ini.

Dengan dana segar ini, Arbitrum menargetkan peningkatan penggunaan dan pengembangan aplikasi desentralisasi (dApps) yang signifikan.

Program Insentif Jangka Panjang

Arbitrum telah mengambil langkah besar dengan mengusulkan program insentif jangka panjang yang menggiurkan. Program ini melibatkan dana sebesar 45,8 juta token ARB, yang nilainya mendekati $90 juta. Lebih lanjut, program ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pengembang dan pengguna ke dalam ekosistem Arbitrum.

Baca juga: Harga Arbitrum (ARB) dan Optimism (OP) Tercatat Melonjak Hampir Menyentuh Rekor Tertinggi!

Sebuah dewan yang terdiri dari lima orang akan bertanggung jawab untuk menyaring penerima dana, sementara tiga penasihat akan memberikan umpan balik atas proposal yang diajukan. Program ini bukanlah yang pertama, karena Arbitrum telah beberapa kali meluncurkan inisiatif serupa dalam lima bulan terakhir.

Sebelumnya, Arbitrum telah menggelontorkan $44 juta pada Oktober dan tambahan $20 juta pada bulan berikutnya. Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Arbitrum untuk mendukung pertumbuhan para pembangun di ruang Web3.

Peningkatan Performa dan TVL

Proyek-proyek yang mendapatkan pendanaan dari program insentif Arbitrum umumnya menunjukkan peningkatan dalam total nilai terkunci (TVL), volume, biaya, dan pengguna aktif harian (DAUs). Hal ini terlihat dari data yang disajikan oleh dashboard OpenBlock.

Meskipun pasar crypto secara keseluruhan mengalami peningkatan, masih terlalu dini untuk menyimpulkan efektivitas dana tersebut. Pada Januari 2024, Arbitrum mencatatkan prestasi yang menonjol dengan melampaui volume perdagangan Ethereum mainnet.

Volume pertukaran desentralisasi (DEX) di Arbitrum mencapai $1,8 miliar, melebihi Ethereum hampir $400 juta. Kesuksesan ini menandakan performa Arbitrum yang luar biasa dan meningkatkan perhatian terhadap kemampuannya di ruang blockchain.

Baca juga: Inilah 5 Tren Crypto yang akan Mendominasi 2024!

Kontroversi dan Dukungan Komunitas

Meskipun ada kekhawatiran dari sebagian kecil tentang sentralisasi ekosistem Arbitrum, dukungan yang luar biasa sebesar 97% untuk pendanaan program insentif baru mencerminkan keyakinan bersama akan dampak positifnya. Namun, ada suara-suara yang menentang, seperti dari delegasi SEEDLatam yang menginginkan lebih banyak keterlibatan dari delegasi dan mengurangi ketergantungan pada komite terpusat.

Pemilihan anggota dewan dan penasihat yang diusulkan sudah berlangsung di platform Snapshot. Peran dewan ini awalnya adalah untuk memutuskan penerima hibah secara langsung, namun setelah keluhan dari DAO, peran tersebut diubah menjadi memutuskan proyek mana yang harus maju ke pemungutan suara komunitas.

Dengan langkah strategis ini, Arbitrum tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam solusi skalabilitas Ethereum, tetapi juga menunjukkan komitmennya untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan dan inovatif.

Program insentif jangka panjang ini diharapkan akan membawa gelombang baru pengembangan dan adopsi di dunia crypto, membuka peluang bagi para pengembang untuk mewujudkan ide-ide revolusioner mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: