Arbitrum DAO Kucurkan Dana Jumbo, Semua Aplikan Grant Kebagian!

Arbitrum DAO Kucurkan Dana Jumbo, Semua Aplikan Grant Kebagian!

Komunitas Arbitrum baru saja mengambil langkah besar dengan menambah anggaran program grant mereka menjadi lebih dari $70 juta. Keputusan ini diambil untuk mendukung sebanyak 56 proyek yang telah mendapatkan persetujuan.

Dana tambahan sebesar $23,4 juta dalam bentuk token ARB telah disetujui untuk didistribusikan kepada proyek-proyek tersebut, menandai komitmen Arbitrum dalam memperluas ekosistemnya.

Ekspansi Anggaran Grant Arbitrum

Arbitrum DAO telah mengesahkan penyaluran dana tambahan yang signifikan untuk membiayai semua proyek yang lolos dalam Program Insentif Jangka Pendek (STIP) terbaru mereka.

Keputusan ini meningkatkan anggaran hingga $23,4 juta, yang akan diberikan kepada 26 proyek tambahan yang sebelumnya tidak mendapat pendanaan karena adanya batasan maksimal 50 juta token ARB. Pemungutan suara yang dilakukan oleh komunitas Arbitrum dari tanggal 18 November hingga 2 Desember mendukung penambahan dana tersebut.

Baca Juga: Solusi Skala Ethereum “Arbitrum Orbit” Siap Lakukan Peluncuran Mainnet!

Hasilnya, sebanyak 21,1 juta token ARB senilai $23,4 juta akan didistribusikan, sehingga total anggaran STIP kini mencapai 71,4 juta token ARB. Pendanaan ini diharapkan dapat mendukung berbagai pembangun yang beragam dan memperkuat ekosistem Arbitrum.

Kontroversi dan Dukungan Komunitas

arbitrum jadi mesin pertumbuhan ethereum
Sumber: Bitcoin News

Meskipun keputusan ini disambut positif oleh sebagian besar anggota komunitas, tidak semua pihak setuju dengan cara pendanaan tambahan ini dilakukan. Delegasi dari protokol MUX menyatakan keberatan, mengemukakan bahwa pendanaan tambahan ini bisa jadi mencampuradukkan proyek-proyek dengan kualitas yang berbeda-beda.

Mereka berpendapat bahwa seharusnya hanya proyek-proyek dengan dasar protokol yang kuat, strategi eksekusi insentif yang tepat, dan ukuran grant yang wajar yang sepatutnya didukung.

Sementara itu, anggota DAO Arbitrum lainnya menyarankan bahwa seharusnya dilakukan putaran kedua yang terpisah untuk memasukkan protokol tambahan dalam program insentif, agar lebih adil.

Proyek-Proyek Terpilih dan Pendapatan Arbitrum

Dalam anggaran baru ini, beberapa proyek yang mendapatkan pendanaan termasuk Gains Network dengan 4,5 juta ARB, Wormhole dengan 1,8 juta ARB, dan Stargate Finance dengan 2 juta ARB. PancakeSwap memutuskan untuk menarik proposal 2 juta ARB mereka karena persyaratan Know Your Customer (KYC) dari STIP.

Data dari DefiLlama menunjukkan bahwa pada tanggal 1 Desember saja, Arbitrum berhasil menghasilkan lebih dari $180.165 dalam bentuk biaya dan $43.342 dalam bentuk pendapatan.

Pada bulan November, total biaya yang dihasilkan mencapai $5,93 juta, sementara pendapatannya mencapai $1,47 juta, menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan bagi ekosistem Arbitrum.

Paragraf Penutup

Keputusan Arbitrum DAO untuk menambah anggaran grant menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung inovasi dan pertumbuhan di dalam ekosistem crypto. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan proyek-proyek baru dan memperkaya komunitas Arbitrum dengan berbagai solusi yang inovatif.

Baca Juga: Siap-siap! Circle akan Meluncurkan ‘Versi Resmi’ USDC di Jaringan Arbitrum

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi