Arab Saudi Siap Luncurkan Dana Investasi AI Senilai $40 Miliar

Arab Saudi Siap Luncurkan Dana Investasi AI Senilai $40 Miliar

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Arab Saudi dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk membuat dana investasi sebesar $40 miliar yang akan dikucurkan untuk pengembangan kecerdasan buatan (AI). Dana ini rencananya akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dana Investasi AI Terbesar di Dunia

Jika rencana ini terealisasi, Arab Saudi akan menjadi investor terbesar di bidang AI. Sebagai perbandingan, Microsoft telah menggelontorkan dana sebesar $13 miliar ke OpenAI, perusahaan pengembang ChatGPT, yang jumlahnya kurang dari setengah dari dana yang diusulkan oleh Arab Saudi.

Dana investasi AI Arab Saudi ini akan bersumber dari dana kekayaan negara senilai $900 miliar. Pemerintah Arab Saudi berencana untuk berinvestasi pada perusahaan pembuat chip dan pusat data besar yang memiliki kapasitas untuk mendukung teknologi AI. Bahkan, Arab Saudi juga mempertimbangkan untuk memulai perusahaan AI sendiri.

Baca Juga: Arab Saudi dan Aliansi BRICS: Sebuah Pembaruan yang Dinanti

Kolaborasi dengan Andreessen Horowitz

dana investasi ai
Daftar penyedia model bahasa besar yang telah menerima investasi dari a16z. Sumber: a16z

Dalam mengelola dana investasi AI ini, Arab Saudi mempertimbangkan untuk bermitra dengan perusahaan modal ventura Silicon Valley, Andreessen Horowitz (a16z). Kemitraan ini dapat membuat a16z membuka kantor di Riyadh, ibu kota Arab Saudi. Salah satu pendiri a16z, Ben Horowitz, diketahui berteman baik dengan gubernur dana investasi tersebut, Yasir Al-Rumayyan.

Langkah Arab Saudi untuk berinvestasi besar-besaran di bidang AI tentu saja memiliki potensi besar. AI merupakan teknologi yang sangat penting dan akan semakin berperan penting di masa depan. Dengan investasi ini, Arab Saudi dapat menjadi pemain utama dalam pengembangan AI global.

Namun, Arab Saudi juga menghadapi beberapa tantangan dalam mengembangkan AI. Salah satu tantangan terbesar adalah kurangnya sumber daya manusia yang ahli di bidang AI. Selain itu, Arab Saudi juga harus bersaing dengan negara-negara lain yang juga gencar berinvestasi di bidang AI, seperti Amerika Serikat dan Cina.

Kesimpulan

Rencana Arab Saudi untuk meluncurkan dana investasi AI sebesar $40 miliar merupakan langkah berani yang berpotensi mengubah lanskap pengembangan AI global. Jika berhasil, Arab Saudi dapat menjadi pemimpin dalam pengembangan AI dan menuai keuntungan besar dari teknologi ini. Namun, Arab Saudi juga harus mengatasi berbagai tantangan untuk mewujudkan ambisinya tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi