Arab Saudi: Ledakan Ekspor dan Ancaman Terhadap Dolar AS

Arab Saudi: Ledakan Ekspor dan Ancaman Terhadap Dolar AS

Arab Saudi, negara yang baru saja bergabung dengan aliansi ekonomi BRICS, diprediksi akan mengalami ledakan ekspor sebesar 12%. Di sisi lain, negara ini juga sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan Dolar AS sebagai mata uang utama dalam perdagangan minyak internasional. Bagaimana dampaknya bagi ekonomi global?

Arab Saudi dan Ledakan Ekspor

Sejak bergabung dengan BRICS, Arab Saudi telah mengalami peningkatan partisipasi bisnis sebesar 12%. Kementerian Industri dan Sumber Daya Mineral Arab Saudi mencatat peningkatan jumlah sertifikat asal (SO) yang dikeluarkan, dari 34.745 sertifikat pada September menjadi 38.988 sertifikat pada Oktober.

Baca Juga: Saudi Arabia: Membuka Peluang Baru di Luar Minyak dan Gas, Ancaman Baru bagi Dolar AS?

Peningkatan ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan yang berusaha untuk mengekspor produk mereka. Peningkatan ekspor ini juga berhubungan langsung dengan peningkatan volume investasi, yang saat ini mencapai sekitar $1,41 miliar.

Dengan kehadiran Arab Saudi di blok BRICS, peluang bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam perdagangan internasional semakin melimpah.

Ancaman Arab Saudi Terhadap Dolar AS

saudi arabia minyak gas
Sumber: Bitcoin News

Induksi Arab Saudi ke dalam aliansi BRICS mengancam prospek Dolar AS sebagai mata uang utama untuk pembayaran minyak. Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan, mengumumkan bahwa Kerajaan sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan Dolar AS dalam perdagangan minyak internasional.

Jika Arab Saudi memutuskan untuk menerima semua mata uang lokal untuk pembayaran minyak dan bukan Dolar AS, triliunan Dolar AS akan kembali ke Amerika. Jika banyak negara lain mengikuti jejak Arab Saudi dan menjual obligasi treasury mereka, inflasi di Amerika akan mulai meningkat. Situasi ini juga bisa menyebabkan hiperinflasi dan membuat AS kesulitan untuk membiayai defisitnya.

Paragraf Penutup

Dengan ledakan ekspor dan ancaman terhadap Dolar AS, Arab Saudi menunjukkan bahwa mereka siap untuk bermain di panggung ekonomi global.

Baca Juga: Arab Saudi dan China Berkolaborasi dalam Sistem AI Berbasis Bahasa Arab

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi