Startup RegTech Italia, Aptus.AI, Kumpulkan Dana €3 Juta: Inovasi Baru di Dunia Hukum!

Startup RegTech Italia, Aptus.AI, Kumpulkan Dana €3 Juta: Inovasi Baru di Dunia Hukum!

Aptus.AI, startup RegTech asal Italia, baru-baru ini mengumumkan telah berhasil mengumpulkan dana sebesar €3 juta dalam putaran pendanaan pra-Seri A. Dana ini akan digunakan untuk memperkuat posisi Aptus.AI sebagai pemimpin di sektor RegTech dan mempersiapkan diri untuk pertumbuhan lebih lanjut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Aptus.AI dan Inovasi di Dunia Hukum

Didirikan pada tahun 2018, Aptus.AI berambisi untuk meredefinisi aktivitas kepatuhan, mengubahnya dari sekadar kewajiban dan pusat biaya menjadi tuas yang menghasilkan peluang bisnis.

Startup ini berfokus pada organisasi besar, terutama bank dan perusahaan asuransi, dengan tujuan untuk mengubah cara mereka mengakses, berkonsultasi, dan memanfaatkan dokumen hukum dalam jumlah besar.

Andrea Tesei dan Lorenzo De Mattei, keduanya pendiri sekaligus pemegang gelar PhD dalam Ilmu Komputer dari Universitas Pisa, telah mengembangkan alat yang mampu mengubah dokumen hukum menjadi format yang dapat dibaca oleh mesin. Dengan demikian, dokumen hukum dapat diakses dan dipahami dengan lebih mudah dan efisien.

Baca Juga: Italia Mulai Selidiki Praktik Pengumpulan Data AI, Apa Saja yang Dilakukan?

Dukungan Investor dan Masa Depan Aptus.AI

masa depan aptus ai
Sumber: Medium

P101 Sgr, perusahaan modal ventura, menjadi investor utama dalam putaran pendanaan ini. Ini merupakan investasi pertama mereka di sektor RegTech. Giuseppe Donvito, Partner dari P101, mengungkapkan antusiasmenya tentang kolaborasi ini, dengan menyoroti minat dari institusi perbankan dan asuransi terhadap produk Aptus.AI.

Aptus.AI sendiri telah berhasil mendapatkan klien prestisius seperti Intesa Sanpaolo, Generali Investments, dan MPS. Dengan dana yang baru saja dikumpulkan, Aptus.AI berharap dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin di ruang RegTech dan mempersiapkan diri untuk pertumbuhan lebih lanjut.

Baca Juga: Integrasi AI dalam Pembayaran Nigeria: Langkah Menuju Pengakuan Global

Peran Aptus.AI dalam Industri RegTech

Industri keuangan telah mengalami transformasi mendalam dalam 15 tahun terakhir, ditandai dengan munculnya fintech dan peningkatan norma regulasi. Pasar RegTech diperkirakan akan mencapai $15,6 miliar antara tahun 2022 dan 2027, dengan pertumbuhan tahunan yang luar biasa sebesar 21,18%.

Aptus.AI, dengan platform Daitomic-nya, menangani tantangan kritis dalam penyesuaian kepatuhan – ketiadaan dokumen hukum dalam format yang dapat dibaca oleh mesin. Inovasi ini memungkinkan pembuatan alat yang efisien untuk konsultasi regulasi interaktif, notifikasi otomatis, manajemen inventaris hukum, dan analisis dampak instan.

Dengan sektor regtech internasional yang semakin menonjol, Aptus.AI siap untuk memainkan peran penting dalam lanskap yang terus berkembang, memberikan manfaat baik bagi konsumen akhir maupun jaringan sosial-ekonomi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: