Aptos Memperkenalkan Standar Aset Digital (DA), Apa Saja Keunggulannya?

author:

Aptos Memperkenalkan Standar Aset Digital (DA), Apa Saja Keunggulannya?

Aptos, dengan latar belakang pengembangan dari proyek Diem Facebook yang dibatalkan, telah mengumumkan peluncuran Standar Aset Digital (DA) yang baru, menjanjikan perubahan signifikan dalam cara komunitas memahami dan berinteraksi dengan NFT di blockchain.

Mengapa Standar Aset Digital (DA) Aptos Begitu Penting?

standar aset digital aptos
Sumber: Twitter

Melalui cuitan di akun Twitternya pada 23 Agustus 2023, Aptos memperkenalkan Standar Digital Aset (DA), yang diklaim sangat penting dalam membangun fondasi untuk membuat, mengelola, dan berinteraksi dengan aset digital dalam ekosistem blockchain.

Standar Aset Digital Aptos (DA) dirancang khusus untuk blockchain Aptos, dengan fokus utama pada token non-fungible (NFT). Standar ini menghadirkan inovasi berdasarkan umpan balik dan penelitian ekstensif.

Baca juga: Aptos Siapkan Pembaruan Jaringan untuk Aktifkan Aset Fungible!

Beberapa fitur utama dari DA meliputi adaptabilitas dinamis untuk NFT, pemisahan ekstensi dari perubahan inti, dan peningkatan fungibilitas serta penanganan data on-chain yang efisien.

Dengan DA, Aptos menjanjikan pengalaman yang lebih baik bagi para pencipta dan pengguna, memaksimalkan potensi mereka dalam ekosistem blockchain.

Mengatasi Keterbatasan Standar Token Sebelumnya

Prediksi Harga Aptos (APT) 2023

Standar token sebelumnya seperti TokenV1 (Aptos), SPL (Solana Program Library), dan ERC721 (standar NFT Ethereum) telah memberikan kontribusi penting dalam fase awal blockchain. Namun, masing-masing memiliki keterbatasan.

Menurut laporan, tokenV1 Aptos kurang fleksibel, SPL Solana memiliki masalah interoperabilitas, dan ERC721 Ethereum menghadapi masalah efisiensi yang meningkatkan biaya gas.

Oleh karenanya, standar DA Aptos dirancang untuk mengatasi keterbatasan-keterbatasan ini, dengan menekankan pada adaptabilitas, kinerja yang ditingkatkan, dan manipulasi data on-chain.

Baca juga: Prediksi Harga Aptos 2023: APT Berpotensi Naik Jadi Rp170 Ribu di Akhir Tahun?

Implementasi Dunia Nyata dari Standar DA

Beberapa proyek dalam ekosistem Aptos telah mengadopsi standar token baru ini. METAPIXEL, proyek game Web3, telah memanfaatkan model Objek DA untuk mengubah arena game.

Sementara itu, Mokshya memperkenalkan Pembungkus Aset Digital inovatif, memungkinkan migrasi yang mempertahankan integritas token asli.

Di dunia game, BRAWL3R memanfaatkan DA Aptos untuk menawarkan pemain kustomisasi unik, menciptakan karakter in-game yang kuat. Selain itu, platform seperti Topaz, Petra, dan Aptscan juga telah mengadopsi DA, menunjukkan aplikasinya yang serbaguna dan universal.

Secara keseluruhan, dengan pengenalan Standar Aset Digital (DA), Aptos menunjukkan komitmennya untuk inovasi dan adaptasi. Dengan menggabungkan teknologi blockchain dengan kebutuhan dunia nyata, Aptos siap untuk memimpin revolusi berikutnya dalam dunia NFT dan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: