Terungkap! Pusat Data Baru di Texas, Pertemuan Antara AI dan Mining Bitcoin!

Terungkap! Pusat Data Baru di Texas, Pertemuan Antara AI dan Mining Bitcoin!

Applied Digital, penyedia infrastruktur blockchain dan kecerdasan buatan (AI), baru saja membuka pusat data baru berkapasitas 200 megawatt (MW) di Garden City, Texas. Meski demikian, saham APLD justru turun 5,3% pada hari Jumat, 20 Oktober 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pusat Data Baru Applied Digital

pusat data baru applied digital
Sumber: Decrypt

Pusat data baru ini menandai pembukaan fasilitas hosting blockchain ketiga Applied Digital di Amerika Utara.

“Setelah sepenuhnya beroperasi, lokasi ini akan membawa Applied Digital ke kapasitas hosting total yang direncanakan sebesar 480MW di seluruh fasilitas hosting blockchain-nya,” demikian pernyataan perusahaan pada hari Jumat, (20/10/2023).

Sebagai gambaran, satu megawatt (MW) setara dengan satu juta watt, sementara satu gigawatt (GW) setara dengan satu miliar watt. Riot Blockchain, penambang Bitcoin lain yang juga diperdagangkan secara publik, memiliki fasilitas penambangan 1GW di negara bagian yang sama. Untuk konteks, bohlam lampu rumah standar ditenagai oleh 60 watt.

Sementara itu, Cambridge memperkirakan bahwa seluruh jaringan Bitcoin saat ini membutuhkan 14,83 GW, naik dari perkiraan 12,89 GW pada September.

Baca Juga: Menuju Mining yang Eco-Friendly, Para Penambang Bitcoin Beralih ke Energi Alternatif!

Fokus pada Komputasi Berkinerja Tinggi (HPC)

Seperti banyak perusahaan penambangan lainnya, Applied Digital mulai mengalihkan fokusnya dari penambangan Bitcoin ke komputasi berkinerja tinggi (HPC) – layanan lain yang membutuhkan energi intensif yang mendukung industri AI.

Seperti penambangan, HPC membutuhkan akses ke pusat data besar, sistem pendingin, dan energi murah untuk beroperasi dengan untung. Menurut Direktur Riset Digital HIVE, Adam Sharp, layanan HPC-cloud jauh lebih menguntungkan per unit energi dibandingkan penambangan Bitcoin.

Baca Juga: Inovasi Baru, Spa di New York Gunakan Bitcoin Mining untuk Pemanas Kolam!

Reaksi Investor

Saham Applied Digital, yang diperdagangkan di NASDAQ dengan kode APLD, turun 5,3% pada hari Jumat. Meski demikian, perusahaan ini berhasil meraih pendapatan sebesar $22 juta selama kuartal yang berakhir pada Mei 2023.

Dengan pembukaan pusat data baru ini, Applied Digital semakin menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan teknologi blockchain dan AI. Meski respons pasar belum sepenuhnya positif, langkah ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi perusahaan di masa mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: