Penghentian Akses Aplikasi Crypto oleh Apple di India, Apa Implikasinya Bagi Pengguna?

Penghentian Akses Aplikasi Crypto oleh Apple di India, Apa Implikasinya Bagi Pengguna?

Jika Anda merupakan pengguna aplikasi crypto di India, ada berita penting yang perlu Anda ketahui. Apple India telah mengambil langkah signifikan dengan memblokir akses ke sejumlah aplikasi pertukaran crypto ternama seperti Binance dan Kraken. Tindakan ini direspon setelah adanya peringatan dari Financial Intelligence Unit (FIU) India terhadap beberapa platform crypto yang diduga tidak mematuhi regulasi yang berlaku. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tindakan Apple India

tindakan apple india
Sumber: Akun X Binance South Asia

Dalam upaya mematuhi peraturan lokal, Apple India telah menghapus aplikasi beberapa platform pertukaran crypto dari toko aplikasinya. Tindakan ini diambil menyusul pemberitahuan dari FIU India kepada sembilan entitas crypto atas dugaan pelanggaran aturan anti pencucian uang.

Meskipun aplikasi-aplikasi tersebut masih tersedia di Google Play Store India, pengguna perangkat Apple tidak akan dapat mengunduhnya lagi dari App Store. Binance telah memberikan jaminan kepada pelanggan di India bahwa aset mereka tetap aman dan terlindungi.

Mereka juga menegaskan bahwa mereka berkomitmen untuk mematuhi regulasi India dan mempertahankan kepercayaan dari pengguna mereka.

Baca Juga: Masih Getol, India Bahas Standar Protokol Operasi Crypto Dengan Anggota G20

Migrasi Pengguna ke Platform Lokal

sumit gupta
Sumber: Akun X Sumit Gupta

Sejak pemerintah India menerapkan pajak sebesar 30% terhadap keuntungan crypto dan pemotongan pajak 1% atas setiap transaksi crypto, terjadi pergeseran pengguna ke platform asing untuk menghindari tarif pajak yang lebih tinggi.

Namun, dengan pembatasan terbaru ini, akses ke platform asing menjadi lebih sulit. CoinDCX, salah satu platform crypto terkemuka di India, telah menawarkan insentif bagi pengguna yang memindahkan aset crypto mereka ke platform lokal.

Langkah ini diharapkan dapat memperkuat kepatuhan terhadap regulasi crypto yang ada di India. Pemerintah India telah menekankan pentingnya memiliki kerangka kerja regulasi crypto yang adil dan seimbang. Meskipun telah dijanjikan, hingga kini belum ada undang-undang crypto yang diajukan di parlemen.

Kesimpulan

Pemblokiran akses ke aplikasi pertukaran crypto oleh Apple India merupakan isyarat penting bagi investor crypto. Kejadian ini menegaskan pentingnya memahami dan mengikuti regulasi lokal serta bersiap menghadapi perubahan yang mungkin terjadi di industri crypto. Apa langkah Anda selanjutnya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi