Batasi Teknologi Crypto untuk Transaksi P2P, Apple Digugat Hukum!

author:

Batasi Teknologi Crypto untuk Transaksi P2P, Apple Digugat Hukum!

Apple, perusahaan teknologi besar di dunia, saat ini sedang berurusan dengan gugatan hukum class-action yang diajukan oleh konsumen yang merasa dirugikan. Mereka menuduh Apple telah bersekongkol untuk membatasi metode pembayaran peer-to-peer (P2P) di perangkatnya dan menghalangi teknologi crypto dari aplikasi pembayaran iOS.

Gugatan Hukum yang Dihadapi Apple

Pada 17 November 2023, pengaduan diajukan di Pengadilan Distrik California. Pengaduan tersebut menuduh Apple telah membuat perjanjian anti-kompetitif dengan Venmo yang dimiliki oleh PayPal dan Cash App yang dimiliki oleh Block.

Baca juga: Apple Jadi Sorotan, Kebijakan App Store Bisa Menghambat Kemajuan Teknologi Blockchain?

Tujuannya adalah untuk membatasi penggunaan teknologi crypto yang terdesentralisasi dalam aplikasi pembayaran, yang mengakibatkan pengguna harus membayar biaya yang semakin tinggi.

Penggugat juga menuduh Apple menggunakan “batasan teknologi dan kontraktual”, termasuk eksklusivitas App Store yang ditegakkan oleh perangkat keras dan “batasan kontraktual pada teknologi browser web” untuk “mengontrol setiap aplikasi yang diinstal dan dijalankan di iPhone dan iPad.”

Efek dari Tindakan Apple

apple digugat
Sumber: Independent

Dengan pembatasan ini, Apple dapat — dan memang melakukannya — memaksa aplikasi pembayaran P2P iOS baru di pasar untuk melarang crypto “sebagai syarat untuk masuk,” klaim gugatan tersebut.

Penggugat menggambarkan diri mereka sebagai pelanggan yang telah membayar biaya yang membengkak karena pembatasan perdagangan Apple di pasar pembayaran P2P iOS. Mereka berusaha untuk memulihkan biaya berlebih dan penagihan berlebih akibat dugaan perilaku anti-kompetitif Apple dan bantuan penghentian yang melarang perusahaan untuk terus melakukan dan menegakkan perjanjian anti-kompetitif yang membatasi pesaing pasar pembayaran P2P iOS dan calon peserta baru.

Baca juga: Microsoft Rekrut Mantan CEO OpenAI, Sam Altman, untuk Pimpin Tim Riset AI Canggih!

Latar Belakang dan Masa Depan

Pengajuan 58 halaman ini merinci latar belakang dan peningkatan aplikasi pembayaran peer-to-peer, crypto terdesentralisasi, dan masuknya Apple ke pasar ini. Pada bulan April, Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Kesembilan memutuskan bahwa Apple melanggar hukum kompetisi California dengan tidak mengizinkan aplikasi untuk mengarahkan pengguna ke solusi pembayaran yang tidak terkait dengan Apple.

Hingga saat ini, Apple belum merilis pernyataan apa pun, dan komunitas masih menunggu bagaimana perkembangan gugatan hukum ini. Apakah Apple akan terus membatasi teknologi crypto dalam aplikasi pembayarannya atau apakah mereka akan membuka diri untuk lebih banyak inovasi di masa depan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: