Keren! Apple, Adobe, Pixar dan Lainnya Bentuk Aliansi untuk Standar Grafis 3D di Metaverse

author:

Keren! Apple, Adobe, Pixar dan Lainnya Bentuk Aliansi untuk Standar Grafis 3D di Metaverse

Lima perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, termasuk Nvidia, Apple, Adobe, Autodesk, dan Pixar Animation Studios, telah membentuk Aliansi untuk OpenUSD. Aliansi ini bertujuan untuk mempromosikan pengembangan standar untuk grafis 3D di Metaverse.

Secara singkat, OpenUSD adalah format data terbuka yang dikembangkan oleh Pixar untuk memungkinkan seniman grafis berkolaborasi dalam proyek animasi 3D skala besar.

Aliansi untuk OpenUSD: Mendorong Standar Grafis 3D di Metaverse

aliansi raksasa teknologi amerika serikat
Sumber: Hardware Zone

Aliansi untuk OpenUSD akan bekerja sama dengan Joint Development Foundation, afiliasi dari Linux Foundation, untuk menstandarkan teknologi ini. Nvidia akan memainkan peran penting dalam mengadaptasi teknologi ini untuk digunakan dalam aplikasi metaverse dengan mengintegrasikannya dengan alat Omniverse-nya.

Baca juga: Decentraland Membawa Kesatuan Metaverse dengan Pembaruan VRM!

OpenUSD adalah versi lanjutan dari AOUSD Pixar, deskripsi adegan universal yang pertama kali ditunjukkan dalam film “A Bug’s Life” oleh Pixar. Subsidiari Disney ini membuka sumber OpenUSD pada tahun 2016 untuk memungkinkan tim bekerja sama dalam alur kerja 3D skala besar.

“Deskripsi Adegan Universal diciptakan di Pixar dan merupakan dasar teknologi dari pipeline animasi canggih kami,” kata Steve May, chief technology officer di Pixar dan ketua AOUSD.

“OpenUSD didasarkan pada tahun penelitian dan aplikasi dalam pembuatan film Pixar. Kami membuka sumber proyek pada tahun 2016, dan pengaruh OpenUSD sekarang meluas di luar film, efek visual dan animasi dan ke industri lain yang semakin bergantung pada data 3D untuk pertukaran media.”

Peran Apple dalam Aliansi OpenUSD

peran apple dalam perkembangan 3d metaverse
sumber: Apple

Apple telah berkontribusi aktif dalam pengembangan USD, dan teknologi ini merupakan teknologi penting untuk platform visionOS yang revolusioner, serta alat pengembang Reality Composer Pro baru.

“OpenUSD akan membantu mempercepat generasi berikutnya dari pengalaman AR, dari penciptaan artistik hingga pengiriman konten, dan menghasilkan berbagai aplikasi komputasi spasial yang semakin luas,” kata Mike Rockwell, wakil presiden grup produk Vision Apple.

Pengumuman ini datang hanya beberapa bulan sebelum Apple merilis headset realitas campuran Vision Pro-nya dan mencakup Apple sebagai anggota pendiri organisasi baru ini. Apple berharap bahwa OpenUSD akan membantu mempercepat generasi berikutnya dari pengalaman AR, dari penciptaan artistik hingga pengiriman konten.

Banyak aplikasi dalam pipeline penciptaan konten 3D industri, seperti yang digunakan untuk pemodelan, pencahayaan, dan animasi, seringkali disesuaikan untuk aplikasi spesifik tersebut dan tidak dapat dibaca atau diedit menggunakan perangkat lunak lain. Untuk menyelesaikan masalah ini, aliansi bertujuan untuk menyediakan bahasa umum untuk mendefinisikan, mengemas, merakit, dan mengedit data 3D secara bergantian dalam skala besar.

Baca juga: Meta Berjuang Bangkitkan Horizon Worlds dengan Studio Game In-house Baru!

Dampak Aliansi OpenUSD pada Industri

Pemain besar lainnya dalam industri realitas virtual dan diperbesar, seperti Unity dan Epic Games, memberikan komentar tentang pembentukan aliansi dalam pengumuman di situs web Linux Foundation. Marc Petit, wakil presiden ekosistem Unreal Engine Epic Games, mengatakan perusahaan “mengakui pentingnya USD dalam menetapkan standar untuk konten 3D, dunia virtual, dan metaverse terbuka.”

Bahkan Ikea, yang menggunakan rendering 3D untuk membuat gambar furnitur untuk katalognya, memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang pembentukan aliansi.

“Kami telah mencari format standar non-proprietari untuk membuat dan menyimpan konten 3D untuk menghubungkan rantai nilai kami lebih dekat, dan mengembangkan solusi furnitur rumah dengan harga lebih rendah,” kata Martin Enthed, manajer inovasi di Ikea.

Dengan pembentukan Aliansi untuk OpenUSD, industri teknologi berharap untuk mempercepat pengembangan dan adopsi standar untuk grafis 3D di metaverse, membuka jalan bagi inovasi lebih lanjut dalam ruang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: