Aplikasi Autentikasi Media Berbasis Blockchain Ini Bisa Akhiri Era Berita Palsu!

Aplikasi Autentikasi Media Berbasis Blockchain Ini Bisa Akhiri Era Berita Palsu!

Apakah kamu pernah tertipu oleh berita palsu atau konten media yang dimanipulasi? Kini, sebuah terobosan teknologi berbasis blockchain hadir untuk memberantas masalah tersebut. Nodle, penyedia infrastruktur desentralisasi, baru saja meluncurkan Click, aplikasi autentikasi media yang menjanjikan integritas data dan keaslian konten. Aplikasi ini menjadi senjata ampuh dalam perang melawan deepfake dan informasi sesat. Simak berita lengkapnya disini!

Click: Pelindung Keaslian Konten

Click Camera
Sumber: Akun X Click Camera

Click tidak hanya sekedar aplikasi, melainkan sebuah perisai bagi para fotografer, jurnalis warga, dan kreator konten untuk memastikan bahwa karya mereka adalah asli dan tidak terkontaminasi oleh manipulasi digital.

Dengan mengandalkan teknologi blockchain, setiap konten yang diambil melalui kamera aplikasi Click akan ditandatangani secara kriptografis dan dicatat dalam rantai blok Nodle. Ini memungkinkan setiap gambar atau video yang diunggah ke publik untuk diverifikasi keasliannya, memberikan lapisan kepercayaan tambahan bagi konsumen konten.

Setiap konten yang diunggah melalui Click harus diambil langsung menggunakan kamera aplikasi tanpa adanya penyuntingan atau penggunaan AI generatif. Hal ini menjamin bahwa tidak ada ruang bagi konten palsu untuk beredar melalui platform.

Dengan demikian, Click menawarkan solusi yang dapat diandalkan bagi industri berita dan jurnalisme yang membutuhkan verifikasi konten lapangan yang akurat dan dapat dipercaya.

Baca Juga: Microsoft Rilis “Phi-2”: Kecil Tapi Kuat, AI yang Mengguncang Dunia Teknologi!

Integrasi dengan Industri dan Perlindungan Hak Cipta

Click tidak hanya berdiri sendiri, tetapi juga mendukung dan menjadi bagian dari inisiatif yang lebih besar seperti Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA) dan Content Authenticity Initiative (CAI).

Kemitraan ini menunjukkan komitmen Click untuk menjadi standar masa depan dalam otentikasi media. CEO Nodle, Micha Anthenor Benoliel, mengungkapkan bahwa aplikasi ini berpotensi menjadi mitra bagi platform gambar stok seperti Getty dan AFP, sebagai sumber kebenaran untuk konten yang diambil di lapangan.

Nodle juga mempertimbangkan masalah hak cipta dan akreditasi, terutama untuk konten yang diambil di acara resmi seperti World Economic Forum dan FIFA World Cup.

Mereka berencana untuk mengimplementasikan fitur atribusi lanjutan dan geofencing untuk memastikan hanya pers yang berwenang dan orang-orang tertentu yang dapat mengambil gambar di acara tersebut. Ini menunjukkan keseriusan Click dalam menghormati dan melindungi hak cipta serta akreditasi dalam industri media.

Baca Juga: Jaguar Land Rover dan Tata Communications Kolaborasi Demi Masa Depan Otomotif AI!

Keunggulan dan Aksesibilitas Click

keunggulan click
Proses pengambilan konten untuk aplikasi Click. Sumber: clickcamera.app

Meskipun Click saat ini hanya tersedia di Apple App Store, versi Android sedang dalam pengembangan, menunjukkan komitmen Nodle untuk membuat aplikasi ini dapat diakses oleh lebih banyak pengguna.

Infrastruktur Nodle yang kuat mampu menyimpan jumlah konten yang besar, menjamin bahwa aplikasi ini dapat digunakan secara luas tanpa khawatir akan keterbatasan kapasitas penyimpanan. Benoliel menegaskan bahwa akan selalu ada versi gratis dari Click, meskipun volume unggahan yang tersedia bagi pengguna mungkin berubah di masa depan dengan adanya penawaran premium.

Meskipun Click saat ini fokus sebagai alat autentikasi untuk foto dan video, belum ada layanan deteksi konten atau manajemen royalti. Namun, dengan keaslian yang terjamin, Click berpotensi menjadi alat penting bagi industri jurnalisme untuk menyimpan dan menyebarluaskan informasi yang tidak tergoyahkan dan transparan.

Dengan kehadiran Click, era baru keaslian media dan jurnalisme yang terpercaya semakin dekat. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan solusi untuk memerangi berita palsu, tetapi juga mendukung integritas kreator konten. Sebagai bagian dari ekosistem blockchain yang terus berkembang, Click menjanjikan masa depan di mana kebenaran dan kepercayaan menjadi fondasi utama dalam pertukaran informasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: