Harga NFT BAYC Jatuh, ApeCoin DAO Buat NFT Marketplace Sendiri!

Harga NFT BAYC Jatuh, ApeCoin DAO Buat NFT Marketplace Sendiri!

Dikutip dari Coindesk, 24 November 2022, ApeCoin DAO, yang terdiri dari holder dan komunitas ApeCoin telah resmi meluncurkan white-label NFT marketplace-nya sendiri.

Siapa yang tidak kenal ApeCoin? ApeCoin (APE), merupakan token utilitas berbasis Ethereum yang digunakan dalam ekosistem APE, yang mana terkait dengan Bored Ape Yacht Club (BAYC). BAYC merupakan proyek NFT yang menghadirkan 10.000 koleksi NFT Apes. Ada beberapa selebriti yang membeli NFT BAYC, salah satunya Justin Bieber. Di awal tahun 2022, Justin Bieber membeli NFT BAYC seharga Rp20 miliar, namun kini harganya hanya sekitar Rp1 miliar saja. Dikutip dari beberapa Coinmarketcap, ApeCoin diluncurkan pada 17 Maret 2022 lalu.

Sebelum membahas lebih lanjut terkait NFT marketplace yang diluncurkan oleh ApeCoin DAO tersebut, simak dulu prospek dan pencapaian ApeCoin hingga saat ini.

Token APE Capai Lebih Dari 100.000 Holder

Token APE Capai Lebih Dari 100.000 Holder
Sumber = Coinmarketcap

Dikutip dari Etherscan.io, sejak peluncuran koin APE pada bulan Maret 2022, koin tersebut memiliki 102.981 holder.

Sementara itu, berdasarkan data dari Coinmarketcap, per tanggal 29 November 2022, APE menempati urutan ke-30 berdasarkan market cap-nya, yang mencapai $1,4 miliar atau setara dengan Rp22 triliun (kurs $1 = Rp15.729).

Tak hanya itu, volume perdagangan ApeCoin dalam rentang waktu 24 jam mencapai $324 juta atau setara dengan Rp5 triliun (kurs $1 = Rp15.729), yang mana jumlah tersebut mengalami kenaikan hingga 46,59%

Baca Juga: ‘Takut’ Masuk Daftar Hitam Opensea, NFT Marketplace Ini Rela Ubah Kebijakan Royaltinya

NFT Marketplace ApeCoin DAO Menjual Berbagai Koleksi NFT Yuga Labs

NFT Marketplace ApeCoin DAO Menjual Berbagai Koleksi NFT Yuga Labs
Sumber = ApeCoin DAO Marketplace

Community marketplace yang baru saja diluncurkan oleh ApeCoin DAO, dibuat dan didukung oleh perusahaan infrastruktur NFT, Snag Solutions. NFT marketplace tersebut menjual berbagai macam koleksi NFT, di antaranya adalah koleksi NFT Yuga Labs, seperti BAYC, Mutant Ape Yacht Club (MAYC), Bored Ape Kennel Club (BAKC), dan Otherdeed for Otherside.

23 November 2022, Zach Heerwagen selaku CEO Snag Solutions menyampaikan bahwa platform marketplace tersebut menawarkan fitur unik yang dibuat khusus untuk komunitas BAYC dan Otherside, termasuk staking ApeCoin dan integrasi metadata NFT. Heerwagen juga menyampaikan dan mengumumkan peluncuran Ape Coin DAO Marketplace melalui cuitan di akun Twitter-nya yang bernama @ZHeerwagen.

Sumber = Akun Twitter Zach Zheerwagen @ZHeerwagen

Baca Juga: Sebelumnya Produksi Barbie, Perusahaan Ini Kini Rilis NFT Hot Weels Seri 4 Seharga Rp300 Ribu an!

Kelebihan Platform NFT Marketplace ApeCoin DAO

Kelebihan Platform NFT Marketplace ApeCoin DAO
Sumber = ApeCoin DAO Marketplace

Apa saja kelebihan platform NFT marketplace ApeCoin DAO jika dibandingkan dengan NFT marketplace lainnya? Dikutip dari Coindesk, platform ini menawarkan biaya yang jauh lebih rendah untuk para kreator, yakni biaya 0,5% pada transaksi ETH dan biaya 0,25% pada transaksi ApeCoin.

Sementara itu, 0,25% dari setiap penjualan NFT, dimasukkan ke dalam multi-signature wallet untuk mendanai proyek-proyek decentralized autonomous organization (DAO) di masa depan. Dilansir dari Coindesk, hal tersebut nantinya bisa bermanfaat bagi holder ApeCoin.

Akun twitter Zach Heerwagen - 2
Sumber = Akun Twitter Zach Zheerwagen @ZHeerwagen

Dalam thread-nya, Heerwagen menyampaikan bahwa NFT marketplace ApeCoin DAO sangat menghargai royalti kreator, “Snag ada untuk mendukung kreator dengan unbundling marketplaces, dan kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan komunitas ApeCoin untuk menggantikan status quo dengan produk yang menghargai royalti sembari melakukan pengurangan biaya,” tulis Heerwagen.

Sementara itu, beberapa NFT marketplace lainnya seperti Magic Eden yang berbasis Solana dan LooksRare yang berbasis Ethereum, telah berhenti memberlakukan royalti kreator secara default. Berbeda dengan NFT marketplace lainnya, seperti OpenSea, terus memberlakukan royalti dan bahkan membuat alat untuk membantu kreator NFT menegakkan royalti secara on-chain, sehingga mereka dapat menghentikan NFT yang dibuat agar tidak dijual lagi di marketplace bebas royalti.

References: