Apakah Satoshi Nakamoto Kembali? Akun Twitter Aktif Setelah 5 Tahun Vakum!

Apakah Satoshi Nakamoto Kembali? Akun Twitter Aktif Setelah 5 Tahun Vakum!

Akun Twitter dengan nama Satoshi Nakamoto, pencipta misterius Bitcoin, tampaknya telah kembali aktif setelah lima tahun vakum. Akun ini, yang telah tidur sejak 2018, langsung mendapatkan catatan komunitas dari komunitas Bitcoin setelah postingan baru pada hari Selasa yang berfokus pada makalah putih 2008. Simak beritanya berikut ini!

Kembalinya Akun Twitter Satoshi Nakamoto

Akun Twitter @satoshi tampaknya telah kembali aktif, dengan postingan baru pada hari Selasa yang berfokus pada makalah putih 2008. Ini adalah postingan kedua dalam minggu ini dari akun tersebut. Sebelum tweet ini, aktivitas terakhir adalah pada Oktober 2018.

Pengguna Twitter menambahkan catatan komunitas ke postingan tersebut, menjelaskan bahwa akun @satoshi terhubung dengan Craig Wright, yang telah mengklaim selama bertahun-tahun bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto. Craig Wright telah mengklaim selama hampir satu dekade bahwa dia adalah penemu Bitcoin, mata uang digital terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Wright telah terlibat dalam beberapa pertempuran hukum seputar Bitcoin, termasuk satu yang melibatkan 12 pengembang Bitcoin Core. Pengembang ini didukung oleh Bitcoin Legal Defense Fund yang didukung oleh Jack Dorsey dalam sengketa atas 111.000 Bitcoin yang diduga dicuri dari bursa cryptocurrency Mt. Gox.

Baca Juga: Bukti-bukti Kuat yang Menunjukkan Satoshi Nakamoto Pencipta Bitcoin, Bukan Hanya Satu Orang?

Spekulasi Mengenai Identitas Satoshi Nakamoto

Selama bertahun-tahun, beberapa nama telah muncul sebagai kemungkinan pencipta Bitcoin, termasuk CEO SpaceX dan pendukung Dogecoin Elon Musk, kriptografer Inggris Adam Back, fisikawan Dorian Nakamoto, dan ilmuwan komputer Hal Finney dan Nick Szabo.

Pada Desember, akun Twitter Finney kembali online setelah satu dekade tidak aktif setelah kematiannya pada Desember 2014. Akun tersebut digunakan oleh istri Finney, Fran, untuk memposting pernyataan dan menjaga akun tersebut agar tidak dihapus setelah situs tersebut diambil alih oleh Musk sebelumnya tahun itu.

Baca Juga: Siapa itu Satoshi Nakamoto, Sosok Penemu Bitcoin?

Dampak Kembalinya Akun Satoshi Nakamoto

dampak satoshi nakamoto
Sumber: Akun X Satoshi

Pada Februari, Wright kalah dalam kasus hukum hak cipta di pengadilan Inggris setelah mengklaim bahwa fork Bitcoin melanggar hak kekayaan intelektualnya.

Ini terjadi meskipun nChain, perusahaan tempat Wright masih menjabat sebagai ilmuwan utama, meluncurkan Bitcoin SV, sebuah fork dari Bitcoin Cash, yang sendiri adalah fork dari Bitcoin, pada November 2018. Menurut Decrypt, kembalinya akun Twitter Satoshi Nakamoto ini bisa menjadi sinyal penurunan harga BTC.

Meski begitu, masih belum jelas apakah akun Twitter ini benar-benar milik Satoshi Nakamoto asli atau hanya bagian dari upaya untuk mempengaruhi pasar crypto. Namun, kebangkitan kembali akun ini tentu saja telah menimbulkan spekulasi dan perbincangan di kalangan komunitas crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: